Buku Zilibria Diyakini Mampu Bangkitkan Literasi Mahasiswa

Tim Sindomakassar
Selasa, 10 Okt 2023 20:17
Buku Zilibria Diyakini Mampu Bangkitkan Literasi Mahasiswa
Dosen inisiator dan editor Buku Zilibria, Nasrullah. Foto: IST
Comment
Share
MAKASSAR - Buku berjudul 'Zilibria: Sajian Tarian Pena Calon Pustakawan' resmi dirilis baru-baru ini. Buku antologi esai ini menjadi wujud kecerdasan dan semangat belajar mahasiswa yang telah menyumbangkan pemikiran dan pengalaman mereka dalam bidang perpustakaan.

Editor Buku Zilibria, Nasrullah Nasir mengatakan penulis buku ini merupakan mahasiswa angkatan 2021 Jurusan Ilmu Perpustakaan yang berjumlah 130 orang. Karya kolaboratif ini juga didorong untuk menginspirasi dan mendukung pengembangan literasi mahasiswa UIN Alauddin Makassar.

"Buku Zilibria terbagi dalam empat bab utama yang merangkum beragam aspek ilmu perpustakaan, yaitu Pustakawan, Pelayanan Perpustakaan, Koleksi Perpustakaan, dan Literasi Baca Tulis. Setiap bab memaparkan pandangan dan pengetahuan mahasiswa terkait topik-topik tersebut, memberikan wawasan mendalam bagi pembaca yang ingin memahami lebih lanjut mengenai peran perpustakaan dalam masyarakat modern," kata Nasrullah dalam keterangan tertulisnya.



Nasrullah menuturkan, buku ini diterbitkan oleh Jariah Publishing. Kata Zilibria sendiri memiliki makna tersendiri. 'ZI' mengacu pada angka 21, yang mencerminkan tahun angkatan 2021 mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin Makassar.

Selanjutnya 'LIB' diartikan sebagai Library atau perpustakaan, 'RI' sebagai Republic (republik), dan 'A' sebagai Alauddin. Sehingga jika diuraikan, kata Zilibria berarti '21 Library Republic Alauddin'. Kata ini juga telah diadopsi sebagai nama angkatan bagi mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan angkatan 2021.

Dosen Inisiator Buku Zilibria ini menjelaskan, karya ini diharapkan akan menjadi sumber inspirasi dan referensi bagi mahasiswa, dan peminat ilmu perpustakaan. Melalui Zilibria, generasi pustakawan masa depan diharapkan dapat terus berkembang, membangun perpustakaan yang lebih modern dan inklusif, serta memperkuat literasi di kalangan mahasiswa dan masyarakat umum.

"Selamat kepada mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan angkatan 2021 UIN Alauddin Makassar atas prestasi yang membanggakan ini. Semoga semangat ilmiah terus berkobar dalam menjalani perjalanan akademik yang penuh makna," harapnya.



Sementara itu, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora, Dr Barsihannor mengapresiasi anak didiknya yang berhasil menerbitkan buku ini. Ia menilai, kehadiran buku ini sangat berharga dan memberikan spirit serta pengetahuan yang lebih luas terkait ilmu perpustakaan.

"Karya ini juga menjadi bukti konkret dari semangat kolaborasi dan komitmen mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan dalam memajukan ilmu perpustakaan di lingkungan kampus," jelasnya.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru