UMI Gelar Seleksi Internal Indonesian International Student Mobility Award 2024

Tim Sindomakassar
Minggu, 05 Nov 2023 18:25
UMI Gelar Seleksi Internal Indonesian International Student Mobility Award  2024
Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar seleksi internal Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) 2024 di ruang rapat senat lantai 6 Menara UMI. Foto/Dok UMI
Comment
Share
MAKASSAR - Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar seleksi internal Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) 2024 di ruang rapat senat lantai 6 Menara UMI, belum lama ini. Kegiatan itu dibuka langsung oleh Plt Rektor UMI, Prof Sufirman Rahman.

Dalam sambutannya, Prof Sufirman mengataka program beasiswa mobilitas Internasional Mahasiswa Indonesia atau International Student Mobility Awards (IISMA) merupakan program yang digagas pemerintah. Tujuannya untuk memberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa di Indonesia, termasuk mahasiswa UMI yang mengikuti seleksi.

“Tentu anak-anakku yang mengikuti seleksi IISMA ini adalah kesempatan kalian untuk menunjukkan kualitas mahasiswa UMI berdaya saing tinggi, Karena itu lebih memacu kalian untuk belajjar. Kuncinya adalah belajar," ujarnya.

Guru Besar FH UMI menambahkan sebagai Pimpinan Universitas mengharapkan seluruh mahasiswa UMI yang ikut seleksi ini semuanya lolos dan lebih banyak lolos dari tahun sebelumnya. Setelah lolos seleksi, pihaknya menharapkan mampu menjadi duta UMI di luar negeri membawa nama harum UMI dikenal dan mendunia sesuai visi dan misinya.

Kepala KUI UMI, Setyawati Yani, melaporkan peserta yang mengikuti seleksi internal IISMA 2024 berjumlah 107 pendaftar yang berasal dari semua fakultas dalam lingkup UMI. Sebelumnya dilakukan seleksi wawancara di KUI UMI. Mereka yang lolos seleksi ini wajib mengikuti sosialisasi tanggal 8 November dengan menghadirkan narasumber yakni Ketua program IISMA DIKTI, Rahmat A. Sriwijaya.

“Dari seleksi internal ini akan diumumkan tanggal 8 November 2023 dan yang lolos seleksi akan mengikuti sosialisasi dan mendapatkan pendampingan selama 1 semester di KUI UMI. "Syarat utama dari IISMA adalah kemampuan bahasa Inggris, karena mereka akan ke luar negeri, dengan kemampuan berbahasa Inggris yang baik dengan nilai minimal duolingo 105,” ujar Dosen FTI UMI ini.

Sementara itu, Wakil Rektor V UMI, Bidang Kerjasama dan Promosi, Prof Muhammad Hattah Fattah, menambahkan mahasiswa yang hadir dalam ruangan ini adalah pilihan dari fakultas. Kalaupun ada tahapan berikutnya, itu adalah proses. Walaupun sebentar ada yang tidak masuk dalam tahap berikutnya, jangan berkecil hati.

“Kita berkomitmen, insya Allah tahun depan itu lebih banyak yang lolos,” ungkap Guru Besar FPIK ini.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru