Sahabat Om Boer Dukung Makassar Pawrent Community Gelar Vaksinasi Rabies

Tri Yari Kurniawan
Kamis, 09 Nov 2023 17:33
Sahabat Om Boer Dukung Makassar Pawrent Community Gelar Vaksinasi Rabies
Makassar Pawrent Community (MPC) menggandeng Sahabat Om Boer menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi rabies gratis bagi hewan peliharaan. Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Komunitas pecinta hewan, Makassar Pawrent Community (MPC) menggandeng Sahabat Om Boer menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi rabies gratis bagi hewan peliharaan. Kegiatan itu dilaksanakan pada ajang Sulsel Great Sale di Lobby Bira, Phinisi Point Makassar, Sulawesi Selatan pada Kamis, 9 November 2023.

Supporting dari Sahabat Om Boer, Muhammad Burhanuddin, mengatakan pihaknya mengapresiasi dan ikut serta kegiatan ini sebagai upaya berbagi kebaikan terhadap makhluk hidup, khususnya kucing piaraan yang lagi trend.

“Jangan hanya kepada sesama manusia, terhadap hewan pun kita harus menaruh perhatian. Semoga bisa berkelanjutan dan bermanfaat khususnya bagi pencinta kucing,” ungkapnya.

Penasehat Komunitas Pecinta Hewan Makassar Pawrent Community, drg Nur Suryani Arfah, mengatakan ini merupakan kegiatan yang merupakan agenda rutin komunitas.

“Tahun ini kami memeriksa 60 hewan peliharaan atau sering juga disebut anabul (anak bulu) yang terdiri dari kucing dan anjing beragam jenis,” ucapnya.

Kata dia, setiap hewan peliharaan yang telah terdaftar, diperiksa kesehatannya terlebih dulu untuk mengetahui penyakitnya. Setelah itu lalu diberikan pengobatan, termasuk suntik jamur, pemberian obat cacing, pemberian vitamin, dan lain-lain. Untuk hewan yang dinyatakan sehat, bisa diberi vaksinasi rabies.

“Kalau hewannya dinyatakan sakit, kami tidak lakukan vaksinasi. Cukup diberikan pengobatan sesuai sakit yang diderita,” ungkapnya.

Kata drg Nur Suryani, merawat kesehatan hewan peliharaan merupakan fokus utama dari komunitas yang diinisiasi oleh 23 muda-mudi yang memiliki minat, visi dan misi yang sama pada 23 September 2023 lalu.

“Berangkat dari hal ini kami kemudian menginisiasi program pemeriksaan kesehatan serta vaksinasi rabies. Saat ini menggandeng Dinas Pertanian dan Perikanan kota Makassar, LV Project serta Maxlife dan Excel sebagai produsen makanan kucing,” ungkapnya.

Ketua Komunitas MPC, Afdal mengatakan tidak hanya vaksinasi hewan tetapi MPC juga memiliki program kegiatan street feeding atau memberi makan kucing liar.

“Tujuannya untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap kesejahteraan hewan (animal welfare) di sekitar lingkungan tempat tinggal kita,” ucapnya.

Selain itu juga untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terutama pecinta hewan, bahwa kucing kampung/domestik jika dirawat dengan baik, maka tidak akan kalah dibandingkan dengan kucing ras lainnya.

Ditanya mengenai support Sahabat Om Boer, mereka mendatangkan relasi dan membantu menyediakan stok vaknisasi.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru