Harga Cabai Naik Menjelang Nataru, Tembus Rp90 Ribu Per Kilogram

Gusti Ridani
Senin, 27 Nov 2023 15:21
Harga Cabai Naik Menjelang Nataru, Tembus Rp90 Ribu Per Kilogram
Kondisi salah satu pasar di Kota Makassar. Menjelang Nataru, harga cabai merangkak naik. Foto: SINDO Makassar/Gusti Ridani
Comment
Share
MAKASSAR - Harga cabai di sejumlah pasar di Kota Makassar mengalami lonjakan harga, tembus Rp90 ribu per kilogramnya. Kenaikan ini terjadi menjelang perayaan Natal dan tahun baru.

Salah satu pedagang di Pasar Terong Ahmad mengatakan, kenaikan harga cabai terjadi akibat nilai beli tinggi dari pemasok. Oleh karena itu dirinya juga harus menaikkan harga jual dari biasanya.

"Kita jual dengan harga lebih tinggi karena dari pemasok harganya segitu. Biasaya Rp40 ribu sampai Rp45 ribu. Tapi dari pemasok naik, jadi Rp90 ribu," ungkapnya, Senin (27/11/2023).

Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin mengakui potensi kenaikan harga komoditas yang terjadi menjelang nataru. Oleh karena itu, Pemprov Sulsel segera membahas hal tersebut pada rapat inflasi.

“Jangan sampai terjadi kelangkaan terhadap barang dan komoditi yang dibutuhkan oleh saudara-saudara kita yang akan berhari raya natal pun menuju tahun baru,” kata Bahtiar.

Bahtiar juga menuturkan, harga cabai di Kabupaten Bone berdasarkan pantauannya saat melakukan kunjungan, juga mengalami kenaikan, tembus di angka Rp90 ribu per kilo. Padahal pekan sebelumnya masih Rp55 per kilo.

Lebih lanjut, ia mengatakan, program tanam cabai akan digencarkan dan itu juga telah dipersiapkan dengan matang oleh Pemprov Sulsel.

“Masa kita kalah dengan benda-benda kecil itu (kenaikan harga cabai pemicu salah satu inflasi), Makanya lebih kuat, tahun depan ini harus kita pastikan setiap rumah di Sulsel itu bisa kita upayakan ada 10 pohon cabe. Pemda saya pastikan kerja ekstra, saya akan bagikan jutaan bibit di tahun ini juga,” ungkapnya.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru