Kapal Penangkap Ikan Tenggelam di Selayar: 2 Tewas dan 24 Hilang

Tri Yari Kurniawan
Rabu, 13 Mar 2024 11:32
Kapal Penangkap Ikan Tenggelam di Selayar: 2 Tewas dan 24 Hilang
Basarnas Makassar bersama pihak terkait melakukan operasi SAR terhadap kapal penangkap ikan KM Dewi Jaya berpenumpang 37 orang yang karam di laut Selayar. Foto/Istimewa
Comment
Share
SELAYAR - Basarnas Makassar melaporkan perkembangan terbaru atas operasi SAR atas tenggelamnya kapal penangkap ikan KM Dewi Jaya 2 di perairan Kabupaten Kepulauan Selayar pada Sabtu (9/3/2024). Dari total 37 penumpang, ada 11 korban selamat, 24 orang dinyatakan hilang dan 2 korbannya lain ditemukan meninggal dunia.

Kapal dengan Muara Baru - Jakarta tujuan Lombok ini dilaporkan terbalik sekitar 52 Nautical Mile dari Pelabuhan Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar. Kapal yang berpenumpang 37 orang dan bermuatan ikan ini dikabarkan terbalik saat mengalami cuaca buruk di Perairan Selayar.

Kepala Kantor Basarnas Makassar, Mexianus Bekabel, menyampaikan pada Senin (11/3) pukul 06.00 Wita ditemukan dua orang terdampar di Pulau Jempea, Kabupaten Kepulauan Selayar. Masing-masing satu orang selamat dan satu orang meninggal dunia.

Selanjutnya, pada pukul 11.00 wita, 9 orang ditemukan selamat dan 1 orang meninggal dunia di Pulau Kayuadi, Kabupaten Kepulauan Selayar. Keesokan harinya, Selasa (12/3) pukul 16.40 wita ditemukan lagi satu orang dalam keadaan selamat di Rajuni, Kabupaten Kepulauan Selayar.

"Hingga saat ini (12/3/2024) dari 37 orang, telah ditemukan 11 orang selamat, 2 orang meninggal dunia dan 24 orang masih dalam pencarian oleh tim sar gabungan," ujar Mexianus, dalam keterangan pers yang diterima Rabu (13/3/2024).

Dalam melakukan pencarian terhadap korban kapal terbalik, Basarnas mengerahkan Rigid Bouyancy Boat (RBB) menuju ke lokasi kejadian.

"Saat ini tim rescue dari Pos Sar Selayar telah berkoordinasi dengan aparat setempat dan membentuk posko gabungan untuk percepatan informasi," tambah Mexianus.

Berikut data Data Korban Selamat :
1. Dian Kurniawan, Alamat Magelang
2. Amirrulhak, Alamat Jawa Tengah Kecamatan Wonokerto
3. M .Zaki Muntaha, Alamat Pekalongan Jawa Tengah
4. Waryen, Alamat Pekalongan Karanganyar derto gam 6 jembatan Merah
5. Tahmid , Alamat Pekalongan
6. Amiluddin, Alamat Pekalongan
7. Adi Bagus Panuntun, Alamat Pekalongan
8. Septo Guntoro, Alamat Pekalongan
9. Maulana Dwi Anggoro, Alamat: desa warulor, perumahan balai restu agung rt 7 rw 4 Kecamatan wira desa pekalongan Propinsi jawa tengah
10. Sun Hen 34 Tahun
11. Muzakkir

Sementara yang meninggal dunia belum diketahui identitasnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru