204 Perguruan Tinggi Jadi Tuan Rumah Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Agus Nyomba
Sabtu, 16 Mar 2024 15:09
204 Perguruan Tinggi Jadi Tuan Rumah Pertukaran Mahasiswa Merdeka
Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nizam. Foto: Istimewa
Comment
Share
JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), menggandeng sekitar 204 perguruan tinggi akademik dan vokasi sebagai host (tuan rumah) penerima program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) tahun 2023.

Untuk menguatkan kerja sama dan komitmen bersama dalam pelaksanaan PMM angkatan ke-3 tahun 2023, digelar penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi dengan perguruan tinggi penerima program PMM di auditorium Gedung D Kemendikbudristek, Kamis (15/06/2024) kemarin.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nizam menyampaikan bahwa, hingga angkatan ketiga ini, sudah terdapat 24 ribu mahasiswa yang mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka yang berasal dari 500 lebih perguruan tinggi asal dan 228 perguruan tinggi penerima.

"Pada program PMM ini, seluruh mahasiswa diberikan hak dan kesempatan yang luas untuk menimbah ilmu dan ekosistem baru dalam lingkup perguruan tinggi pilihan mahasiswa dari seluruh wilayah Indonesia," kata dia dilansir dari laman Kemenristekdikti.

Diketahui, Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di kampus lain dalam negeri selama satu semester.

Pada program ini, mahasiswa juga akan diajak untuk mengenal keberagaman nusantara melalui mata kuliah modul nusantara.

Tujuannya agar mahasiswa memiliki pemahaman yang komprehensif terhadap nilai-nilai budaya, kebangsaan, dan kebinekaan. PMM angkatan ke-3 tahun 2023 rencananya akan mulai dilaksanakan pada bulan Agustus mendatang.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru