Gandeng Pelindo, HDCI Makassar Berbagi Kebahagiaan dengan Buruh Pelabuhan, Ojol & Duafa

Tri Yari Kurniawan
Minggu, 31 Mar 2024 18:35
Gandeng Pelindo, HDCI Makassar Berbagi Kebahagiaan dengan Buruh Pelabuhan, Ojol & Duafa
Komunitas motor besar HDCI Makassar menggelar buka puasa bersama sekaligus pembagian paket sembako di terminal penumpang Pelabuhan Makassar, Minggu (31/3/2024). Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Komunitas motor besar Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Makassar menggelar buka puasa bersama sekaligus pembagian paket sembako di terminal penumpang Pelabuhan Makassar, Minggu (31/3/2024).

Kegiatan amaliah Ramadan itu menggandeng PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 4, dengan sasaran buruh pelabuhan, driver ojek online alias ojol, dan kaum duafa. Tidak tanggung-tanggung, kuota yang disiapkan mencapai 1.000 orang.

Sekretaris Umum HDCI Makassar, Andi Asruddin, menyampaikan aksi berbagi ini masuk dalam program kerja HDCI yakni bakti sosial. "Tahun ini berupa berbuka puasa bersama dan pembagian sembako untuk 1.000 orang," kata Asruddin.

Program bakti sosial, ia menyebut rutin dilaksanakan setiap tahun. Aksi berbagi kebahagiaan ini bertujuan membantu masyarakat, khususnya mereka yang membutuhkan.

Diakui Asruddin, meski rutin digelar namun titik dan sasaran program bakti sosial dari HDCI Makassar kerap berubah-ubah. Tahun lalu, aksi serupa digelar di Monumen Mandala dengan menyasar anak yatim piatu.

Ketua panitia kegiatan, Indra Jaya, menuturkan tahun ini pihaknya menggandeng Pelindo karena sasaran kegiatan adalah para buruh pelabuhan, selain driver ojol dan kaum duafa. Dalam setiap kegiatan, diagendakan buka puasa bersama dan pembagian paket sembako.

Dalam mempersiapkan kegiatan ini, HDCI Makassar murni menggunakan anggaran dari organisasi dan patungan para member. "Ya dari kebersamaan saja, karena HDCI adalah pelopor kerja sosial," ungkapnya.

Manager Hukum dan Humas Pelindo Regional 4, Erisanty, mengapresiasi HDCI Makassar yang telah memberikan kepercayaan kepada Pelindo sebagai tuan rumah aksi sosial ini. Pihaknya mendukung penuh, apalagi program Pelindo juga selaras, apalagi di bulan suci Ramadan.

"Tentunya Pelindo bersyukur dapat dipercaya menjadi tuan rumah. Kami pastinya dukung, apalagi sasarannya termasuk TKBM (Tenaga Kerja Bongkar Muat/buruh pelabuhan)," ungkapnya.

Pelindo Regional 4 sendiri memiliki program sosial serupa. Bahkan, total paket sembako yang disalurkan mencapai 6.000 se-Indonesia Timur. Pihaknya juga membagikan 900 paket takjil dan menyalurkan santunan untuk kurang lebih 1.000 anak yatim piatu.

Pembagian dilakukan di 10 cabang yakni di Regional 4 sendiri, Regional 4 Makassar, Regional 4 Balikpapan, Regional 4 Bitung, Regional 4 Pantoloan, Regional 4 Manokwari, Regional 4 Nunukan, Regional 4 Sorong, Regional 4 Fakfak, dan Regional 4 Tarakan.

"Kami berharap pembagian sembako, takjil, dan santunan kepada anak yatim yang diberikan bermanfaat bagi yang menerima," pungkasnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru