Mahasiswa UC Makassar Beri Pelatihan Literasi Keuangan kepada Siswa

Tim Sindomakassar
Minggu, 12 Mei 2024 17:02
Mahasiswa UC Makassar Beri Pelatihan Literasi Keuangan kepada Siswa
Mahasiswa UC Makassar Beri Pelatihan Literasi Keuangan kepada Siswa. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Mahasiswa Universitas Ciputra (UC) Makassar yang tergabung dalam organisasi Financial Club UCM, telah melaksanakan sebuah kegiatan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang manajemen keuangan di kalangan siswa-siswi kelas XI SMA Zion.

Kegiatan ini diinisiasi dengan tujuan memberikan pemahaman yang lebih baik, mengenai pentingnya manajemen keuangan sejak dini, serta memberikan edukasi tentang cryptocurrency dan berbagai jenis instrumen investasi lainnya.



Pelatihan literasi keuangan ini merupakan yang pertama di Makassar yang ditujukan bagi siswa tingkat SMA dan dilakukan secara serentak di 6 kelas yang berbeda. Dibawakan oleh 17 mahasiswa yang telah memenuhi kualifikasi, materi dan games disajikan dengan cara yang menarik untuk memfasilitasi pemahaman yang lebih baik.

Dalam era digital, investasi menjadi semakin mudah dan cepat dilakukan oleh semua orang. Namun, kemudahan ini juga diikuti oleh berbagai risiko, mulai dari tawaran investasi bodong hingga investasi risiko tinggi yang dapat membawa kerugian pada masyarakat. Terlebih lagi, influencer terkenal pun turut mengajak audiensnya untuk berinvestasi di cryptocurrency tanpa memberikan pemahaman yang cukup mengenai risikonya.

Untuk mengatasi masalah ini, kegiatan pelatihan ini diadakan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, serta sebagai bagian dari program SIC (Social Impact Challenge) UC Makassar. Para mahasiswa memberikan penjelasan dan edukasi kepada para siswa-siswi SMA Zion, dilanjutkan dengan sesi games yang diberi nama "Family 100 Investment".

Melalui sesi games tersebut, para siswa diharapkan dapat menerapkan pemahaman yang telah mereka dapatkan dan menguji sejauh mana pemahaman mereka tentang materi yang telah disampaikan. Tingginya tingkat interaksi dan jumlah pertanyaan dari peserta pelatihan menunjukkan minat yang besar terhadap materi yang diberikan.



Franse, Ketua Kelompok pelaksana mengungkapkan harapannya bahwa pelatihan ini dapat membantu para peserta agar tidak 'boncos' saat mengatur keuangannya ataupun berinvestasi. "Terutama di era yang penuh akan tawaran investasi risiko tinggi seperti cryptocurrency," kata dia.

Sementara itu, Maichal, Dosen Pembina Financial Club UCM, menekankan perlunya edukasi bagi Generasi Z terkait risiko-risiko dalam berinvestasi.

"Mengingat saat ini investasi bodong yang menjanjikan keuntungan fantastis sangat marak di masyarakat, maka Generasi Z perlu diedukasi agar mereka paham akan berbagai risiko dalam berinvestasi dan jangan sampai tertipu dengan iming-iming keuntungan tinggi," katanya.

Pelatihan ini juga direncanakan akan diselenggarakan di empat sekolah lainnya di Makassar pada waktu yang akan datang, sebagai upaya untuk lebih meluaskan dampak positif dari kegiatan literasi keuangan ini.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru