Mahasiswa UC Makassar Bekali Pemahaman Keuangan Siswa SMA Dunia Harapan

Tim Sindomakassar
Senin, 13 Mei 2024 16:51
Mahasiswa UC Makassar Bekali Pemahaman Keuangan Siswa SMA Dunia Harapan
UC Makassar bekerja sama dengan SMA Dunia Harapan, bertujuan untuk memberikan pelatihan manajemen keuangan kepada siswa kelas X dan XI. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Mahasiswa Universitas Ciputra (UC) Makassar, terus menunjukkan komitmen untuk memupuk nilai Integritas, Profesionalisme, dan Kewirausahaan (IPE) dalam memberdayakan masyarakat.

Bahkan, beberapa mahasiswa UC Makassar terlibat dalam proyek pelayanan di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) di Makassar, mewujudkan nilai-nilai inti tersebut dalam tindakan nyata.



Inisiatif ini, yang diadakan bekerja sama dengan SMA Dunia Harapan, bertujuan untuk memberikan pelatihan manajemen keuangan kepada siswa kelas X dan XI, terutama mereka yang berasal dari Generasi Z.

Di era yang dinamis saat ini, literasi keuangan dan manajemen investasi sangat penting untuk melindungi dan meningkatkan portofolio aset seseorang. Dengan munculnya teknologi, potensi penyebaran informasi yang salah telah meningkat, ditambah dengan godaan gaya hidup hedonistik dan konsumtif.

Oleh karena itu, mahasiswa UC Makassar mengambil inisiatif untuk memberikan pelatihan manajemen keuangan kepada siswa SMA Dunia Harapan, membekali mereka dengan pengetahuan yang penting.

Nicolas Tjiang, Ketua Tim Program ini menyatakan bahwa hal ini merupakan inisiatif dirancang khusus untuk memberikan pemahaman manajemen keuangan dan memperkenalkan berbagai instrumen investasi yang umum digunakan kepada siswa SMA.

"Terutama mereka dari Generasi Z. Melalui upaya ini, kami berharap dapat memberikan dampak positif pada pemahaman keuangan siswa-siswi," kata dia.

Sesi pelatihan terdiri dari penjelasan teori dan aktivitas pembelajaran interaktif yang mencakup manajemen keuangan dasar, strategi investasi, berbagai instrumen investasi, dan permainan keuangan interaktif untuk memperkuat pemahaman.



Revania, salah satu peserta dari kelas XI, menyampaikan kegembiraannya terkait dengan tersebut. "Kami belajar tentang pentingnya manajemen keuangan dalam kehidupan sehari-hari kami, terutama sebagai siswa. Terkadang, kami kesulitan mengelola keuangan kami dengan efektif dan merasa tertekan untuk mengikuti tren, takut ketinggalan. Selain itu, permainan keuangan memberikan pengalaman langsung dalam strategi investasi. Secara keseluruhan, kunjungan UC ini paling seru," jelasnya.

UC Makassar tetap berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat melalui inisiatif seperti ini, menumbuhkan budaya tanggung jawab dan pemberdayaan di kalangan generasi muda.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru