Melihat Perjuangan Srikandi PLN Pulihkan Pasokan Listrik Pascabencana di Luwu

Tim Sindomakassar
Kamis, 16 Mei 2024 11:44
Melihat Perjuangan Srikandi PLN Pulihkan Pasokan Listrik Pascabencana di Luwu
Srikandi PLN ikut berjuang tanpa lelah dalam pemulihan pasokan listrik pascabencana di Kabupaten Luwu. Foto/Dok PLN
Comment
Share
MAKASSAR - PT PLN (Persero) dengan segala upayanya berhasil memulihkan pasokan listrik 99,8% di Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) usai banjir dan longsor. Menariknya dalam proses pemulihan tersebut, ada peran krusial dari srikandi dalam memberikan komando kepada personel PLN di lapangan.

Salah satu kisah perjuangan para Srikandi PLN di lapangan dituturkan oleh Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palopo, Sulawesi Selatan, Rathy Shinta Utami. Saat bencana dan tanah longsor terjadi pada Jumat (3/5), Rathy langsung memimpin komando di lapangan untuk memulihkan pasokan listrik.

Walaupun tantangan kondisi akses jalan yang masih sulit dilalui karena jalan sebagian besar masih tertimbun longsor, namun hal itu tidak menyurutkan semangat dan kegigihan tim untuk melaluinya.

"Alhamdulillah dari total 23.370 pelanggan yang terdampak, sebesar 22.984 pelanggan berhasil dipulihkan pasokan listriknya. Kami berkomitmen akan terus berupaya agar sistem kelistrikan di Kabupaten Luwu dapat segera normal 100%," ungkap Rathy.

Senada, Ketua Srikandi PLN UP3 Palopo, Bernadeth Karyady menyampaikan pengalamannya mengikuti tim meninjau lokasi perbaikan jaringan listrik yang terdampak longsor di Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu.

"Walaupun kami dihadapkan berbagai macam tantangan yaitu akses yang masih tertimbun longsor, waktu perjalanan untuk sampai ke lokasi sekitar delapan jam dan ekstremnya medan untuk memobilisasi material, tim PLN dengan komitmennya berhasil mencatatkan kemajuan setiap harinya," ujar Bernadeth.

Bernandeth juga optimis apa yang sudah tim perjuangkan untuk mempercepat penyalaaan listrik bagi masyarakat, dapat memberikan manfaat untuk pelanggan supaya bisa menggunakan listrik seperti biasanya.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar), Moch. Andy Adchaminoerdin menegaskan walaupun dihadapkan tantangan medan yang sulit akibat akses jalan yang terputus, saat ini fokus PLN adalah terus berupaya dalam percepatan pemulihan pasokan listrik.

Salah satu upaya yaitu dengan menambah tim bantuan pemulihan pasokan listrik. "Pengiriman petugas kelistrikan ke Luwu merupakan bentuk komitmen kami agar wilayah terdampak banjir dan longsor kembali terang secepat mungkin", ujar Andy.

Andy juga mengapresiasi dukungan dari pemerintah daerah, TNI-POLRI, stakeholder bahkan masyarakat yang turut bersinergi dan membantu PLN dalam membersihkan akses jalan dan memobilisasi tiang.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru