Usai Konser Blackpink, Erick Thohir Larang Semua Event Digelar di Stadion GBK

Luqman Zainuddin
Selasa, 14 Mar 2023 16:11
Usai Konser Blackpink, Erick Thohir Larang Semua Event Digelar di Stadion GBK
Ketua Panitia Piala Dunia U-20, Erick Thohir memeriksa kondisi rumput Stadion GBK. Foto: PSSI
Comment
Share
JAKARTA - Ketua Panitia Penyelenggara FIFA U-20 World Cup 2023 (LOC), Erick Thohir menegaskan larangan penyelenggaraan event di Stadion Gelora Bung Karno (GBK). Larangan ini berlaku hingga Piala Dunia U-20 diselenggarakan.

Penegasan ini disampaikan Erick Thohir usai melakukan kunjungan di Stadion GBK dalam rangka tur ke enam venue Piala Dunia U-20. Saat itu, dia melihat kondisi rumput yang memprihatinkan.

“Tidak ada lagi event di sini, apakah event olahraga, event kesenian, tidak ada lagi karena ini sudah menjadi titik kritikal dan rumputnya memprihatinkan. Kita tidak mau dipermalukan dalam penyelenggaraan event dunia," penegasan Erick, dikutip dari PSSI.

Baca juga: Manchester City vs RB Leipzig: Ilkay Gundogan Berharap Magis Suporter

Stadion GBK memang masuk dalam jadwal renovasi dalam rangka Piala Dunia U-20. Namun, renovasi, seperti penjahitan dengan rumput sintetis harus ditunda karena ada event yang diselenggarakan di GBK.

Event tersebut ialah konser Blackpink akhir pekan lalu. Sejatinya, pihak promotor menutup rumput dengan karpet khusus yang didatangkan dari luar negeri, agar tak rusak.

“Semua event kita batalkan, dan kita tidak membeda-bedakan, apakah event entertainment, olahraga, dan lainnnya. Semua tidak dimungkinkan lagi digelar Gelora Bung Karno," sambung Erick.

Baca juga: Kota Palopo Terima Penghargaan IMI Award karena Bangun Sirkuit

"Ini bukan masalah pilihan salah dan benar, tapi ini kebijakan yang harus kita ambil kalau kita tidak mau gagal, apalagi di stadion ini akan digelar pembukaan,” kata Erick lagi.

Proses renovasi persiapan Piala Dunia 2023 yang dilaksanakan juga sesuai dengan permintaan FIFA. Seperti, menghilangkan pagar pembatas antara bangku penonton terdepan dengan lapangan pertandingan, mencontoh stadion-stadion berstandar FIFA di Eropa.

Kemudian perbaikan beberapa posisi tempat duduk penonton agar bisa melihat pertandingan dengan lebih jelas.

Baca juga: Pencinta Otomotif se-Sulsel Berkumpul di Pinrang Ikuti Rakerprov IMI

Kemudian penambahan kecepatan sambungan internet agar informasi tersiar lebih cepat tanpa gangguan di pusat media. Di area ini juga dipersiapkan dua lapangan latihan (A dan B), di mana keduanya sudah berstandar internasional dan mudah diakses tim-tim yang bertanding di Piala Dunia U-20.

Piala Dunia U-20 akan berlangsung pada 20 Mei - 11 Juni 2023. Ada enam venue yang disiapkan yakni Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar), Stadion Manahan (Surakarta) dan Stadion Jakabaring (Palembang).
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru