12 Petinju Sulsel Siap Berlaga di PON XXI Aceh-Sumut 2024

Tim Sindomakassar
Jum'at, 23 Agu 2024 18:48
12 Petinju Sulsel Siap Berlaga di PON XXI Aceh-Sumut 2024
Atlet Tinju Sulsel saat menjalani latihan sparing di latihan Marina Beach Hotel. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Demi meraih prestasi tertinggi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, Pengurus Provinsi Persatuan Tinju Amatir Indonesia Sulawesi Selatan (Pengprov Pertina Sulsel) tengah mempersiapkan 12 atletnya pada pemusatan latihan di Marina Beach Hotel.

Lantai dua Marina Beach Hotel, milik Ketua Pengprov Pertina Sulsel dipilih sebagai tempat Training Center (TC) sejak 12 Agustus lalu. Hotel ini dipilih karena memiliki fasilitas yang lengkap.

‘’Fasilitas latihan tinju di sini cukup lengkap. Mulai dari samsak berbagai ukuran, alat gym, kolam air dingin (es) untuk berendam, hingga ring tinju,” jelas Dufri Masihor, pelatih kepala tim tinju PON Sulsel saat ditemui di venus latihan, Kamis malam (21/8/2024).

Ketua Pertina Sulsel Harpen Reza Ali memang tidak main-main dalam mempersiapan atlet binaanya. Semua fasilitas dilengkapi. ‘’Atlet tidak perlu lagi meninggalkan hotel hanya untuk latihan. Keluar dari kamar, langsung kami sudah di tempat latihan. Jaraknya hanya 5 meter dari kamar,” tambah Dufri Masihor.

Pada program TC, selain latihan tehnik dan strategi, peraih medali emas SEA Games 1997 ini juga memprogramkan latihan fisik ke Pulau Kayangan. ‘’Kami juga difasilitasi kapal penyeberangan untuk lantihan fisik di Pulau Kayangan,” katanya.

Pada PON XXI Aceh-Sumut 2024 Sulsel meloloskan 12 atlet tinjunya. Masing-masing delapan putra dan empat putri. Dari 12 atlet ini 10 atlet di antaranya lolos pada babak kualifikasi PON I di Makassar. Dua lainnya lolos pada babak kualifikasi PON II di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Kali ini tim tinju Sulsel dilatih oleh Dufri Masihor. Mantan petinju nasional ini dibantu pelatih senior lainnya. Di antaranya Albert Lala’ar dan Muh Yusri That, S.

Persiapan atlet tinju Sulsel benar-benar cukup matang. Mengapa tidak. Ketua Pengprpv Pertina Sulsel Harpen Ali sudah mempersiapkan atlet binaanya sejak awal Februari 2024 lalu.

Bahkan awal Agustus lalu putra tokoh olahraga nasional asal kota Makassar A. Reza Ali ini membawa timnya try out ke Bali selama 10 hari dengan biaya mandiri. ‘’Pulang dari Bali kami lanjut dengan program TC sebelum menuju PON,” jelas Harpen Reza Ali.

Dengan persiapan yang begitu matang Harpen Reza Ali optimis di PON nanti atlet binaanya pulang membawa medali emas. Hanya saja Harpen tak mau menyebut di kelas apa saja yang jadi target dia mendulang medali emas, perak atau perunggu.

‘’Setelah melihat peta kekuatan di seluruh Indonesia, saya optimis ada beberapa atlet Sulsel yang berpotensi pulang membawa hasil maksimal. Kalau ditanya kelas apa saja, mohon maaf, saya tidak mau menyebut. Mohon doanya saja. Insya Allah kami akan berbuat yang terbaik untuk Sulsel,” kata Harpen Ali.

Berikut 12 atlet Tinju Sulsel Persiapan PON XXI Aceh-Sumut 2024Atlet Putra.
1. Rizwar - Kelas 46-48 Kg
2. Josua Holy Masihor - Kelas 51-54 Kg
3. Ariel Sharon Latuheru - Kelas 54 - 57 Kg
4. Abraham Masihor - Kelas 57 - 60 Kg
5. Muh Ricky Pratama - Kelas 60 - 63,5 Kg.
6. Kore Pira - Kelas 71 - 75 Kg
7. Jhon Yambe - Kelas 75 - 80 Kg.
8. Haris Mongga - Kelas 80 - 85 Kg

Atlet Putri.
1. Andini - Kelas 45 48 Kg.
2. Hindriwati Haer - Kelas 52 - 54 Kg.
3. Febi Meilanda - Kelas 54 - 57 Kg.
4. Maria - Kelas 57 - 60 Kg
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru