Preview PSM Makassar vs Bhayangkara FC: Kunci Gelar Sedini Mungkin

Ahmad Muhaimin
Jum'at, 17 Mar 2023 08:36
Preview PSM Makassar vs Bhayangkara FC: Kunci Gelar Sedini Mungkin
PSM Makassar akan menjamu Bhayangkara FC pada lanjutan Liga 1 Indonesia. Foto: Official PSM Makassar
Comment
Share
MAKASSAR - PSM Makassar punya kans mengunci gelar sedini mungkin saat menghadapi Bhayangkara FC dalam lanjutan Liga 1 di Stadion BJ Habibie pada Jumat (17/3) sore ini. Syaratnya, Juku Eja wajib melibas The Guardians untuk mengamankan poin penuh.

Tambahan 3 poin akan membuat PSM Makassar makin memperlebar jarak dengan Persija di posisi 2 dan Persib di peringkat 3 pada klasemen sementara Liga 1. Sehingga Juku Eja akan lebih mudah dan tanpa beban menyelesaikan 3 laga sisa.

Meski begitu, tak mudah bagi PSM Makassar untuk membuat Bhayangkara FC menyerah. Walau berstatus tuan rumah, The Guardians sedang dalam performa mengesankan.

Matias Mier dkk mencatatkan 10 laga terakhir dengan baik. Menyapu bersih 8 kemenangan, sekali imbang dan sekali kalah.

"Kita akan melawan tim yang kuat. Tim-tim seperti Persija, Madura, Bali, dan Borneo mereka kalahkan. Jadi yang terpenting besok kita harus memulai pertandingan dengan attitude yang bagus," ucap Bernardo dalam sesi konferensi pers jelang laga pada Kamis (16/3) kemarin.



PSM Makassar patut mewaspadai legiun asing Bhayangkara, Matias Mier. Gelandang asal Uruguay itu menorehkan catatan impresif. Dari 11 pertandingannya, ia telah mencetak 9 gol dan 3 assist sejauh ini.

"Mereka adalah tim yang bagus, pemain lokal dan asing sama-sama bagus. Apa yang harus kita lakukan adalah melakukan persiapan yang matang untuk besok," jelasnya.

Bernardo meminta agar suporter bisa mengisi stadion secara penuh. Memberikan dukungan kepada pemain PSM Makassar dan menekan mental Bhayangkara.

"Besok pertandingan yang sulit dan penting bagi kita. Saat ini, yang kita butuhkan adalah suporter kita, dengan jadwal yang kita jalani, tambahan esktra energi dari suporter akan membantu kita besok," ujarnya.

Bagi Bernardo, kehadiran suporter juga bisa membangkitkan mental anak asuhnya di lapangan. Apalagi bila ada keputusan wasit yang merugikan PSM Makassar pada laga sore ini.



"Saya lelah melihat kesalahan-kesalahan yang dilakukan wasit. Jadi di pertandingan besok, saya berharap mereka bisa memimpin pertandingan dengan baik untuk kedua tim. Jadi kita fokus untuk bermain saja," bebernya.

Kapten PSM Makassar, Wiljan Pluim mengamini pernyataan Bernardo. Ia juga memprediksi pertandingan sore ini, tak akan mudah bagi timnya. Apalagi Juku Eja sedang berupaya untuk mengunci gelar juara Liga 1 sedini mungkin.

"Laga besok, kita akan menjalani pertandingan yang berat, sulit dan tidak beda dengan pertandingan sebelumnya. Apa yang kita lakukan, terserah kita, apakah benar-benar mau menghasilkan hasil baik di laga besok, dan kita bekerja keras untuk itu," tambahnya.

Sementara itu, Bhayangkara FC siap menyulitkan PSM Makassar di hadapan pendukungnya sendiri. Catatan apik 10 laga terakhir tuan rumah, justru menjadi motivasi bagi The Guardians.

Juku Eja memang mencatatkan 10 laga tak terkalahkan secara beruntun. Mengoleksi 9 kemenangan sekali imbang. "Kita ketahui PSM Makassar tidak pernah kalah di kandangnya, ini menjadi tantangan kita juga," ungkap Pelatih Bhayangkara FC, Gendut Doni dalam konferensi persnya, kemarin.



Doni mengakui kelebihan Bernardo dalam memaksimalkan potensi anak asuhnya. Makanya ia meminta para pemainnya untuk mewaspadai semua pemain PSM Makassar Makassar Makassar.

"Pelatih asing PSM Makassar bisa memaksimalkan para pemain muda. Tentunya itu jadi persiapan tim Bhayangkara menghadapi Juku Eja," paparnya.

Mantan pemain Timnas ini mengklaim sudah menyiapkan taktik khusus untuk menghadapi PSM Makassar. Doni berharap anak asuhnya bisa menjalankan instruksi yang sudah disiapkan.

"Kita akan berusaha maksimal di pertandingan besok. Pasti pemain siap melaksanakan apa yang kita persiapkan sebelumnya," kuncinya.

Saat ini, Bhayangkara FC perlahan merangkak ke papan atas. The Guardians sudah membukukan 44 poin dari 29 kali penampilannya, dan duduk di posisi 7 klasemen sementara Liga 1.

Prediksi Susunan Pemain *dari kiri ke kanan

PSM Makassar (3-5-2)
Reza Arya; Agung Mannan, Erwin Gutawa, Safruddin Tahar; Rizky Eka, Akbar Tanjung, M Arfan, Ananda Raehan, Dzaky Asraf; Wiljan Pluim, Ramadhan Sananta
Pelatih: Bernardo Tavares

Bhayangkara FC (4-3-3)
Awan Setho; Ruben Sanadi, Aji Sutopo, Anderson Salles, Putu Gede; Adam Najem, Matias Mier, M Hargianto; Sani Rizki Fauzi, Alex Martins, Dendy Sulistyawan
Pelatih: Gendut Doni

5 Pertandingan Terakhir Bhayangkara
11.03.23 L1 Bhayangkara VS Bali United 3:1
06.03.23 L1 PSS Sleman VS Bhayangkara 0:1
01.03.23 L1 Bhayangkara VS PSIS Semarang 3:2
25.02.23 L1 Borneo VS Bhayangkara 1:3
20.02.23 L1 Bhayangkara VS Madura United 4:0

5 Pertandingan Terakhir PSM Makassar
13.03.23 L1 Persita VS PSM Makassar 0:0
09.03.23 L1 Persikabo 1973 VS PSM Makassar 0:1
05.03.23 L1 PSM Makassar VS Persis Solo 3:2
01.03.23 L1 PSM Makassar VS Dewa United 2:0
24.02.23 L1 Persebaya VS PSM Makassar 0:1

Head to Head
12.12.22 L1 Bhayangkara VS PSM Makassar 0:0
25.02.22 L1 PSM Makassar VS Bhayangkara 0:0
06.11.21 L1 Bhayangkara VS PSM Makassar 2:0
27.03.21 MPC PSM Makassar VS Bhayangkara 1:1
29.10.19 L1 Bhayangkara VS PSM Makassar 3:2
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru