Hasil Pertandingan PSM vs Persis: Poin Penting Hadapi PSS

Ahmad Muhaimin
Selasa, 29 Agu 2023 07:00
Hasil Pertandingan PSM vs Persis: Poin Penting Hadapi PSS
Pemain PSM, Kenzo Nambu mengawal Pemain Persis, Messidoro. Foto: Official Media PSM
Comment
Share
MAKASSAR - PSM berhasil menuntaskan misinya mengalahkan Persis Solo dalam lanjutan pekan 10 Liga 1 di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare pada Senin (28/8) tadi malam. Juku Eja menang tipis dengan skor 1-0.

Kemenangan ini menjadi penting bagi PSM untuk menatap laga berikutnya menghadapi PSS Sleman pada (3/9) mendatang.

Kedua tim langsung bermain agresif di awal babak pertama. Jalannya pertandingan berjalan sengit. Baik PSM dan Persis mencoba mengincar gol cepat.

PSM sejatinya bisa membuka angka lebih dulu di menit 7. Kiper Persis, Pancar melakukan blunder. Ia meninggalkan gawangnya namun gagal menghalau bola.

Yakob berhasil mengejar bola lalu melepaskan umpan datar ke mulut gawang. Sayang tak ada yang berhasil menyambutnya, Adilson Silva terlambat menyambut umpan Yakob.

Sampai menit 15, PSM mendominasi permainan. Everton Nascimento dkk mampu mengurung lini belakang Persis Solo. Kondisi itu membuat pemain Laskar Sambernyawa tertekan.

Pada menit 25, Juku Eja akhirnya bisa membuka keunggulan dari situasi bola mati. PSM mendapat tendangan bebas hasil pelanggaran Diego Bardanca kepada Adilson yang ditarik tepat di kotak penalti Persis.

Yuran Fernandes yang tampil sebagai eksekutor berhasil melepaskan tendangan akurat, namun berhasil ditahan Pancar. Hanya saja, terjadi bola muntah yang berhasil disambar Kenzo untuk mengkonversinya menjadi gol.

PSM mampu mempertahankan keunggulan 1-0 hingga turun minum. Sementara Persis tidak mampu membongkar pertahanan Juku Eja di babak pertama.

Pada babak kedua, Persis mulai bermain terbuka. Moussa Sidibe dkk sudah berani menekan pertahanan PSM. Laskar Sambernyawa ingin lebih dulu menyamakan kedudukan.



Namun percobaan Fernando Rodriguez di menit 55 masih bisa ditahan oleh Reza Arya. Begitu juga sundulan Alexis Messidoro menit 62 masih melambung di atas mistar gawang PSM.

Memasuki menit 65, tempo berjalan lambat. Kedua tim sama-sama menurunkan tensi pertandingan. PSM juga kembali kesulitan membongkar lagi lini belakang Persis.

PSM tak puas hanya unggul 1-0 menit 80. Juku Eja mengincar tambahan gol lagi untuk mengamankan tiga poin lebih cepat.

Makanya PSM melakukan penyegaran di lini depan dengan memasukkan Wiljan Pluim dan Dzaky Asraf. Andy Harjito juga dimainkan pada menit tambahan waktu.

Juku Eja sejatinya bisa mencetak gol lagi dari Andi Harjito. Ia sudah berhasil melewati kiper Pancar yang meninggalkan gawangnya. Namun saat hendak menendang bola, ia malah terpeleset.

Meski begitu, Persis juga tetap gagal mencetak gol. Dan PSM berhasil mempertahankan keunggulannya dan mampu mengamankan poin penuh di laga ini.

Pelatih PSM, Bernardo Tavares mengapresiasi kedatangan suporter yang datang ke stadion. Ia paham jadwal Juku Eja malam ini, ialah waktu yang tidak ideal untuk menonton pertandingan sepakbola secara langsung.

“Tapi mereka tetap berkorban datang. Besok hari kerja, mereka meluangkan waktunya, membuat atmosfer yang baik di lapangan. Saya pikir mereka yang datang adalah suporter sejati, karena betul-betul berkorban datang malam ini,” ucap Bernardo dalam sesi konferensi pers usai laga tadi malam.

Bernardo menuturkan, timnya memang pantas menang. Ia mengakui anak asuhnya mendominasi permainan. Banyak peluang yang tercipta, namun hanya bisa mencetak satu gol saja.

“Kita membuat peluang lebih banyak, tendangan lebih banyak, sepak pojok lebih banyak. Saya senang dengan hasil menang 3 poin, tapi kita harusnya lebih banyak gol,” ujarnya.

“Tapi kerja keras pemain, tidak mudah dalam posisi tersebut, apalagi melihat kinerja wasit. Tapi saya senang bisa mendapatkan poin penuh malam ini,” sambungnya.



Juru taktik asal Portugal ini juga mengomentari kinerja wasit. Menurut dia, wasit harusnya mengusir Diego Bardanca dari lapangan karena sudah beberapa kali melakukan pelanggaran keras.

“Saya tidak percaya, nomor 44 (Bardanca) melanjutkan pertandingan sampai 90 menit. Padahal dia melakukan pelanggaran kepada Kenzo yang hampir mencederai kepalanya, dan menarik Adilson. Sementara kalau pemain kita, sangat mudah menerima kartu,” jelasnya.

Pemain PSM, Ananda Raehan bersyukur timnya bisa kembali ke jalur kemenangan. Sekalipun ia merasa Persis memberikan perlawanan yang cukup sengit.

“Alhamdulillah, kami dapat hasil 3 poin. Memang bukan pertandingan mudah, tapi tim telah bekerja keras,” tambah gelandang muda ini.

Hasil ini membuat PSM naik ke peringkat 10 klasemen sementara Liga 1. Juku Eja terpaut 10 poin dari pemuncak Madura United.
(UMI)
Berita Terkait
PT Vale Kolaborasi  PSM Gelar Talent Scouting dan Coaching Clinic di Luwu Timur
Sports
PT Vale Kolaborasi PSM Gelar Talent Scouting dan Coaching Clinic di Luwu Timur
PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) berkolaborasi PSM Makassar mengadakan Talent Scouting dan Coaching Clinic untuk para talenta muda se-Luwu Timur di Lapangan Persesos sejak 7 sampai 9 Juni 2024. Program ini sebagai wujud komitmen dalam mendukung pengembangan sepak bola di Lutim.
Rabu, 12 Jun 2024 16:20
Dukung Sepak Bola Lutim, PT Vale & PSM Gelar Talent Scouting & Coaching Clinic
Sports
Dukung Sepak Bola Lutim, PT Vale & PSM Gelar Talent Scouting & Coaching Clinic
Talent Scouting dihadiri 204 peserta dari berbagai kelompok umur mulai U-16, U-18 hingga U-20. Sementara Coaching Clinic dihadiri 146 pemain Sekolah Sepak Bola (SSB) se-Lutim.
Rabu, 12 Jun 2024 15:30
Tak Dapat Lisensi Klub, PSM Makassar Tegaskan Tak Ada Hubungan Soal Finansial
Sports
Tak Dapat Lisensi Klub, PSM Makassar Tegaskan Tak Ada Hubungan Soal Finansial
Manajemen PSM Makassar menanggapi hasil Club Licensing Committee PSSI, dimana Juku Eja dinyatakan tidak memenuhi persyaratan untuk mendapatkan lisensi klub musim 2023/2024.
Jum'at, 17 Mei 2024 19:01
Comeback, PSM Makassar Berhasil Taklukkan PSIS Semarang
Sports
Comeback, PSM Makassar Berhasil Taklukkan PSIS Semarang
PSM Makassar berhasil memetik tiga poin sempurna saat menjamu PSIS Semarang dalam pekan ke-31 Liga 1 2023-2024 digelar di Stadion Batakan, Balikpapan, pada Selasa (16/4/2024) malam WIB. Tim Juku Eja berhasil menang dengan skor 3-1
Selasa, 16 Apr 2024 23:38
Melihat Lebih Dekat Motor Limited & Special Edition Livery PSM, Hanya 108 Unit
News
Melihat Lebih Dekat Motor Limited & Special Edition Livery PSM, Hanya 108 Unit
Asmo Sulsel meluncurkan motor limited dan special edition livery PSM pada sepeda motor Honda Scoopy dan Honda PCX CBS.
Senin, 04 Mar 2024 11:35
Berita Terbaru