Tips Touring dari Rider Navigate to The Max, Penting dan Perlu Jadi Perhatian

Luqman Zainuddin
Minggu, 27 Agu 2023 05:38
Tips Touring dari Rider Navigate to The Max, Penting dan Perlu Jadi Perhatian
Peserta touring Navigate to The Max mengendarai Xmax Connected saat melintasi rute Makassar-Toraja, Jumat (25/8/2023). Ajang ini digelar Yamaha bersama PT SJAM. Foto: SINDO Makassar/Luqman Zainuddin
Comment
Share
TORAJA - Kegiatan touring sangat lekat dengan komunitas sepeda motor. Tapi, aktivitas ini tentu dapat dilakukan siapa saja. Ada beberapa hal penting dan perlu dipersiapkan sebelum melaksanakan touring.

Andi Hertasning, anggota Indonesia Max Owner (IMO) Sulsel membagikan tips touring agar perjalanan nyaman dan menyenangkan.

Hal penting yang perlu diperhatikan pertama sebelum touring adalah kondisi peserta. Tiap orang memiliki kondisi fisik berbeda, ada yang mudah lelah dan ada yang tidak.

"Kalau rombongan begini kan tidak semua fit. Penting kita memperhatikan dari segi fisik," ucap Andi Hertasning di sela-sela tur Navigate to The Max Makassar-Toraja yang digelar Yamaha dan PT Suracojaya Abadimotor (SJAM), Sabtu (26/8/2023).



Kondisi fisik menurut Andi Hertasning memiliki pengaruh besar dalam touring karena berkaitan dengan fokus berkendara. Sebab, sedikit saja blank dalam perjalanan, celaka seketika menghampiri.

"Kalau lelah, singgah 10-15 menit untuk istirahat. Itu sangat berpengaruh," beber pria yang kerap disapa Ambi ini.

Setelah tahu kondisi fisik, selanjutnya adalah kelengkapan berkendara. Dari helm yang berstandar, kaos tangan, jaket, celana, hingga sepatu yang sebaiknya menutup hingga ke atas mata kaki.

Tak lupa, mempersiapkan motor agar berada dalam kondisi paling prima untuk dikendarai menempuh perjalanan jauh.



Selain itu, pengetahuan terhadap kondisi rute yang akan ditempuh juga amat penting. Informasi seperti ini kata Ambi biasanya dikumpulkan sebelum perjalanan dari teman-teman yang tinggal di sekitar rute.

"Kita kan biasanya ada link di daerah. Itu kita tanyakan mereka bagaimana kondisi jalan di sana. Sehingga kita bisa mempersiapkan diri," beber Ambi.

Keberadaan kenalan di rute touring juga penting untuk menghadapi situasi genting. Semisal motor bermasalah atau kondisi lainnya.

Road Captain, Marshall, dan Sweeper

Dalam touring, keberadaan road captain sangat vital. Ia bertugas memimpin perjalanan dan mengatur ritme berkendara. Ia juga akan menentukan kapan dan di mana harus beristirahat.



"Road captain itu penting. Karena akan memberi petunjuk-petunjuk di jalan, kapan harus pelan-pelan, dan memberi kode saat ada jalan yang berbahaya," beber Ambi.

Biasanya, road captain akan ditunjuk oleh peserta touring yang lain. Tak ada syarat khusus, yang penting ia dianggap mampu oleh peserta touring.

Selain itu, saat touring juga penting kehadiran marshall. Marshall bertugas untuk mengatur peserta touring agar barisan teratur dan tidak berlaku arogan selama perjalanan.

"Kemudian ada sweeper. Dia itu berada di paling belakang. Bertugas untuk mengawal rombongan, jangan sampai ada yang tertinggal. Ia akan banyak berkoordinasi dengan road captain," pungkas Ambi.



Sebagai informasi, Ambi merupakan satu dari beberapa rider yang ikut dalam tur Navigate to The Max yang dilaksanakan Yamaha dan PT Suracojaya Abadimotot (SJAM). Tur menempuh rute Makassar-Toraja.

Dalam kegiatan itu, rider khusus menunggangi Xmax Connected. Kegiatan ini juga masih menjadi bagian dari Maxi Day 2023.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru