Liga 1 Indonesia

Persikabo 1973 Versus PSM Makassar: Maksimalkan Laga Demi Gelar Juara

Agus Nyomba
Kamis, 09 Mar 2023 07:23
Persikabo 1973 Versus PSM Makassar: Maksimalkan Laga Demi Gelar Juara
Persikabo 1973 akan menjamu PSM Makassar pada lanjutan Liga 1 Indonesia musim ini. Foto: Ilustrasi/Dedi Suryadi
Comment
Share
MAKASSAR - Gelar Juara BRI Liga 1 Indonesia musim ini sudah di depan mata. PSM Makassar diuntungkan setelah dua pesaing gelar takluk di laga terakhir mereka, sehingga mereka wajib memaksimalkan pertandingan melawan Persikabo 1973 di stadion Pakansari Bogor hari sore ini.

Persib Bandung rival terdekatnya harus menyerah 0-2 dari Persik Kediri yang digelar di markasnya sendiri. Dan Persija Jakarta menyerah 3-1 saat bertandang di Markas Borneo FC di Samarinda, pada Rabu, (08/03/2023) kemarin. Hasil ini tentu menguntungkan PSM Makassar dalam perburuan gelar juara musim ini yang hanya menyisakan enam pertandingan.



Dengan hasil itu PSM Makassar masih mengontrol puncak klasemen sementara dengan 62 poin dari 28 pertandingan, terpaut 12 poin Persib Bandung di posisi kedua dengan 52 poin dari 27 laga, dan Persija Jakarta 51 poin dari 27 pertandingan yang mereka telah jalani.

Secara hitungan PSM Makassar wajib mengumpulkan 12 poin maksimal atau empat kemenangan agar bisa menjadi juara musim ini. Sehingga setiap pertandingan akan krusial di tengah padatnya jadwal kompetisi.

Termasuk menghadapi Persikabo 1973, laga ini menjadi sangat penting untuk skuat asuhan Bernardo Tavares agar bisa tetap nyaman di puncak klasemen. Namun menghadapi tim yang berada di posisi 11 ini bukan pekerjaan muda karena sementara onfire setelah mencatat dua kemenangan di laga sebelumnya.

Persikabo berhasil menang melawan PSS Sleman dan Bali United dengan skor 2-1. Hasil ini menjadi peringatan untuk tim Juku Eja agar bisa berhati-hati terhadap tim ini. Sementara PSM Makassar juga datang dengan catatan apik setelah mengemas delapan kali kemenangan secara beruntun. Terakhir Persis Solo berhasil mereka taklukkan dengan skor 3-2 melalui drama comeback.

Meski demikian, pelatih PSM Makassar harus memutar otak untuk meramu taktik terbaiknya, setelah dua pilar pertahanan utama mereka harus absen pada laga kali ini yakni Yuran Fernandes dan Erwin Gutawa. Sehingga berupaya mencari komposisi terbaik timnya.

"Kita sudah mempersiapkan diri sejak beberapa hari lalu, dan akan berjuang untuk hasil terbaik, besok kita akan melihat usaha terbaik kita semoga bisa mendapat hasil maksimal," kata Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares jelang pertandingan.

Meski demikian, Tavares mengakui bahwa pertandingan melawan Persikabo 1973 bukanlah pekerjaan mudah, apalagi timnya sudah melakoni laga berat di dua pertandingan terakhir dengan persiapan empat hari pertandingan.



"Kita berharap cuaca bersahabat, karena kalau tidak kita butuh tenaga ekstra karena sudah terkuras di pertandingan sebelumnya," katanya.

Bernardo mengatakan dirinya bahagia mendapat kabar jika para suporter PSM Makassar sudah bisa menghadiri laga away mereka di stadion Pakansari, sehingga menjadi tambahan spirit untuk anak asuhnya.

"Tentu kehadiran mereka akan memberikan energi ekstra untuk para pemain," tandasnya.

Pemain PSM Makassar Akbar Tanjung mengatakan, dirinya akan berupaya semaksimal mungkin jika diberikan kepercayaan kepada pelatih untuk tampil melawan Persikabo 1973.

"Untuk kesiapan, seperti biasa kita harus lebih siap dari Persikabo dan lebih fokus dari pertandingan sebelumnya, dan semoga bisa raih hasil positif untuk laga besok," katanya.

Namun saat ditanya apakan dia akan menggantikan peran Yuran atau Erwin di lini pertahanan ia mengaku menyerahkan kepada pelatih. "Saya tidak tahu posisi apa yang saya mainkan besok, tergantung dari pelatih nanti ditempatkan di mana, apa pengganti Yuran atau seperti apa," ungkapnya.

Pelatih Persikabo 1973 Aidil Sharin Sahak mengatakan, timnya akan berusaha semaksimal mungkin untuk menghadapi PSM Makassar dilaga nanti. "Persiapan seperti apa yang kita buat sebelumnya, kita sudah latihan dua tiga hari sebelum pertandingan," katanya.

Dirinya mengakui, PSM Makassar merupakan tim yang konsisten dan sekarang pemuncak klasemen, sehingga dirinya akan meminta kepada anak asuhnya agar bisa tampil semaksimal mungkin di laga nanti. "Kita tahu PSM punya pemain lincah di kedua sayapnya, mereka konsisten," katanya.



Di Pertandingan sebelumnya kata dia, PSM berhasil bermain konsisten meski tertinggal dua kali sehingga ia harus mengantisipasi hal tersebut. "Walau mereka kalah 1-0 mereka tetap bermain bagus, kita harus lebih fokus menghadapi pertandingan nanti," katanya.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru