Berhasil Tundukkan Persis Solo, Pelatih PSM Makassar Tetap Kritik Wasit

Andi Mappanyukki
Minggu, 05 Mar 2023 21:07
Berhasil Tundukkan Persis Solo, Pelatih PSM Makassar Tetap Kritik Wasit
Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares memberikan keterangan setelah mengalahkan Persis Solo dengan skor 3-2 di stadion Bj Habibie Parepare, Minggu, (05/03/2023). Foto: Sindo Makassar/Andi Mappanyukki
Comment
Share
Pelatih PSM Makssar Bernardo Tavares tetap mengkritisi kepemimpinan wasit, usai menang dramatis melawan Persis Solo dengan skor 3-2 di stadion Bj Habibie, Minggu, (05/03/2023).

Pelatih asal Portugal ini mengaku terlalu banyak kesalahan keputusan yang dilakukan wasit dalam memimpin jalannya pertandingan krusial tersebut.



"Pertandingan tadi, kita bisa lihat sendiri, bahkan asisten wasit di luar pun selalu mengatakan "Oke itu memang (pelanggaran)" tapi keputusan yang diambil wasit yang ada di lapangan sangat selalu merugikan tim kita," kesal Bernardo Tavares usai pertandingan, Minggu (5/3/2023).

Ia mengatakan, wasit yang sama yakni (Juhandri Setiana) yang juga dipimpin saat laga menghadapi Barito Putera. Keputusan yang salah dibuat, kala itu kata dia, memberikan penalti kepada Barito Putera padahal itu bukan penalti.

"Coba kalian lihat kembali, gol pertama kita itu tidak offside. Wasit menyatakan bahwa itu offside. Contoh lagi kesalahan yang dibuat wasit, nomor 28 (Andri Ibo) harusnya kalau ini pertandingan di Eropa, sudah dapat 2 kartu merah dalam satu pertandingan ini," ujar Bernardo Tavares.

"Tapi apa yang dia lakukan, tidak ada. Kalian bisa lihat kartu kuning-kartu kuning yang diberikan, ke siapa saja. Ini bukan suatu kebetulan, jadi Match of The Match-nya adalah wasit," sambungnya.

Pelatih Persis, Leonardo Medina menilai pertandingan antara PSM menghadapi tim asuhnya hari ini sangat simpel. Mereka berusaha bermain sesuai yang telah diinstruksikan.



"Kita menangkan fisik dan taktik. Namun, berbicara tentang mental, kita bermain di tandang, dengan suporter (PSM). Pada akhirnya kita kehilangan fokus pada menit-menit akhir. Tapi pemain yang kita punya sudah cukup maksimal untuk pemain belakang yang kita pasang hari ini," imbuhnya.

Menurutnya, Persis sangat bermain bagus melawan PSM, terlebih bomber asal Jepang Ryo Matsumura. Namun dirinya memutuskan menarik keluar Ryo untuk digantikan oleh Arapenta Poerba menit ke-67.

"Ryo bermain sangat bagus. Tapi kita harus memilih pemain yang lebih siap. Ryo juga sering dimainkan pada laga-laga Persis Solo. Kita harap Ryo bisa kembali bermain dengan performa terbaik," ungkapnya," tukas Leo.

Diketahui saat ini PSM Makassar masih berada di puncak klasemen dengan mengoleksi 62 poin dari 28 pertandingan. Mereka meninggalkan Persib Bandung di posisi kedua dengan 52 poin dengan 26 laga dan Persija Jakarta 51 poin di posisi ketiga dengan 26 pertandingan.



(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru