Preview Persita vs PSM Makassar: Saling Jegal 2 Tim Konsisten

Ahmad Muhaimin
Senin, 13 Mar 2023 06:55
Preview Persita vs PSM Makassar: Saling Jegal 2 Tim Konsisten
Preview Persita Tangerang Versus PSM Makassar. Foto: Ilustrasi/Dedi Suryadi
Comment
Share
MAKASSAR - PSM Makassarakan berjumpa dengan Persita Tangerang dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Indomilk Arena pada Senin (13/3) sore ini. Laga ini akan menjadi duel dua tim paling konsisten pada beberapa pekan terakhir.

Pada 9 laga terakhir, PSM Makassar menyapu bersih semuanya dengan kemenangan. Hasil itu membuat Juku Eja kokoh di puncak klasemen dan menjauh dari rivalnya Persib Bandung dan Persija Jakarta.

Sementara Persita, menorehkan catatan tak terkalahkan pada 8 pertandingan terakhir. Pendekar Cisadane membukukan 2 kemenangan dan 6 kali hasil imbang.

Konsistensi dua tim ini akan menjadi duel menarik pada laga sore hari ini. Baik PSM dan Persita sama-sama bertekad mempertahankan konsistensinya untuk menjegal catatan apik lawannya.

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares sudah melakukan evaluasi menyeluruh dari hasil laga sebelumnya. Meski menang 0-1 dari Persikabo, namun ia mengakui timnya melakukan banyak kesalahan.



"Pertandingan kemarin (lawan Persikabo) mungkin tidak bagus, tapi pemain adalah manusia, bukan robot. Jadi pertandingan kemarin banyak kesalahan terutama saat mengambil keputusan," ucapnya dalam sesi konferensi pers jelang laga pada Ahad (12/3) kemarin.

Bernardo mengakui, Persita ialah tim yang kuat. Pendekar Cisadane berhasil bangkit di putaran kedua. Konsistensi lawan pada 8 laga tak terkalahkan menjadi warning baginya untuk memacu semangat Wiljan Pluim dkk.

Makanya Bernardo meminta anak asuhnya untuk fokus selama 90 menit pertandingan. "Kalau kita mau hasil yang bagus maka pemain harus lebih mau (bermain bagus), agar hasilnya bagus juga," tegasnya.

Juru taktik asal Portugal ini bertekad melanjutkan konsisten timnya dengan meraih 10 kali kemenangan secara beruntun. Sekaligus membuat PSM Makassar semakin kokoh di puncak klasemen, jelang perebutan juara Liga 1 musim ini.

Bagi Bernardo, kedatangan suporter di stadion tentu akan menambah kekuatan tim di lapangan untuk mencapai target tersebut. "Suporter juga selalu memberikan dukungan dimanapun kami berada, dan ini menjadi energi ekstra saat pemain kelelahan," bebernya.

Bernardo tak pernah lelah mengharapkan perangkat pertandingan agar memimpin pertandingan dengan adil. "Wasit memiliki pengaruh besar dalam pertandingan. Tapi saya berharap wasit memimpin pertandingan yang baik," harapnya.



Pemain PSM Makassar, Yuran Fernandes menekankan ingin membawa timnya mengunci juara lebih cepat. "Pertandingan besok kami ingin memenangkan pertandingan," singkatnya.

Sebagai tuan rumah, Persita tentu tak mau kecolongan di laga ini. Tekad menjaga konsisten pada 8 laga terakhir harus terus dipertahankan. Sekalipun harus melawan PSM Makassar yang merupakan calon kuat juara Liga 1.

“Persiapan buat pertandingan ini sangat bagus. Dari pertama saat kita mulai kita sudah berdiskusi semua apa yang kita akan lakukan di pertandingan besok,” ungkap Pelatih Persita, Luis Edmundo dalam sesi konferensi persnya, kemarin.

Luis mengaku sudah menyiapkan strategi khusus untuk meredam PSM Makassar. Ia juga akan tetap mengandalkan gaya bermain keras dan ngotot milik Pendekar Cisadane.

“Sudah kita rencanakan semua, semoga yang kita kerjakan dalam latihan bisa kita bawa sebagai tim dengan organisasi. Dan semoga pemain bisa tampil maksimal,” paparnya.

Meski terpaut jauh dari PSM Makassar, Luis mengklaim timnya tak akan gentar. Baginya, semua pertandingan itu berat, sehingga harus dihadapi secara serius. Apalagi melawan Juku Eja yang sedang memimpin puncak klasemen.



“PSM sedang di papan atas pasti tim yang sulit untuk dihadapi, tapi sama dengan semua pertandingan. Kita akan hadapi pertandingan ini sangat serius, pemain sudah berdiskusi untuk kerja maksimal,” sebutnya.

Pelatih asal Chili ini berharap tuah timnya yang berstatus sebagai tuan rumah. Momentum ini ingin dijadikan Luis untuk melanjutkan tren positif timnya dan menjegal catatan apik PSM Makassar.

“Dan yang paling penting kita bermain di rumah kita sendiri di kandang, kita harus tanggung jawab main keras dan kerja keras. Dan semua rencana yang kita perbuat bisa kita lakukan di lapangan dan bisa mendapat poin maksimal,” kuncinya.

PSM Makassar saat ini masih kokoh di puncak klasemen dengan raihan 65 poin dari 29 laga yang dilakoni. Sementara Persita berada di peringkat 9 dengan koleksi 37 poin dari 27 laga yang dijalani.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru