Pekan Olahraga Nipah Kian Semarak: Diikuti 1.500 Atlet dari 24 Cabang Olahraga

Tri Yari Kurniawan
Senin, 15 Jul 2024 20:03
Pekan Olahraga Nipah Kian Semarak: Diikuti 1.500 Atlet dari 24 Cabang Olahraga
Chief Executive KALLA Land & Property, Ricky Theodores, menerima dan mengangkat obor pada opening ceremony sebagai tanda dimulainya Pekan Olahraga Nipah. Foto/Tri Yari Kurniawan
Comment
Share
MAKASSAR - Pekan Olahraga Nipah (PON) 2024 resmi dimulai Senin (15/7/2024) hari ini. Opening ceremony ditandai dengan penyerahan dan penyalaan obor oleh Chief Executive KALLA Land & Property, Ricky Theodores, di Rooftop Nipah Park.

Gelaran Pekan Olahraga Nipah tahun ini dipastikan lebih semarak. Berlangsung selama tujuh hari hingga 21 Juli di Nipah Park dan Kawasan Bukit Baruga, jumlah peserta dan cabang olahraga yang dipertandingkan meningkat signifikan.

Pada 2023, PON mempertandingkan 20 cabang olahraga yang diikuti oleh 1.358 atlet. Di tahun ini, kurang lebih 1.500 atlet kembali dipersatukan melalui 24 cabang olahraga. PON 2024 sendiri telah memasuki tahun ketiga.

Chief Executive KALLA Land & Property, Ricky Theodores, menyampaikan Pekan Olahraga Nipah merupakan salah satu wujud konsistensi kampanye Walk Through The Park yang digaungkan sejak 2022 lalu.

“Ini komitmen kami untuk menjadikan Nipah Park tak hanya sebagai pusat perbelanjaan. Harapannya, Pekan Olahraga Nipah hadir sebagai bagian dari upaya untuk menjadikan Nipah Park sebagai pusat aktivitas inklusif yang fokus pada pengembangan ekosistem olahraga, produktif, dan kreativitas,” ungkap Ricky.

Adapun 24 cabang olahraga di Pekan Olahraga Nipah yakni Street Soccer, Poundfit, Golf, Voli, Anggar, Bulutangkis, Basket 3x3, Breakdance, Radio Control, Panahan, Bowling, Karate, Inline Skate, Catur, Tenis Meja, Gymnastic, Renang, E-Sport, Yoga, Vertical Run, Tenis Lapangan, Taekwondo, BMX, dan Push Bike.

Peserta yang berpartisipasi tak hanya dari kota Makassar, tetapi beberapa wilayah di Sulawesi antara lain Gowa, Sidrap, Wajo, Pangkep, Pare-pare, Takalar, hingga Luwu Timur.

Berkolaborasi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar, KORMI Kota Makassar, KONI Kota Makassar, dan Pemerintah Kota Makassar, tujuan dari program ini adalah untuk menciptakan platform bagi komunitas, calon atlet, dan pegiat olahraga untuk bersama-sama menumbuhkan semangat kompetisi yang sehat.

Program tahunan ini adalah inisiasi dan apresiasi dari Nipah Park kepada seluruh komunitas olahraga yang telah menjadikan gedung ini sebagai ruang latihan reguler mereka selama lima tahun terakhir. Nipah Park adalah satu-satunya mal di kawasan Indonesia Timur dengan beraneka ragam komunitas dan klub olahraga yang beraktifitas serta membina generasi dan atlet muda di wilayah Makassar.

Yang membedakan Pekan Olahraga NIPAH dari acara olahraga lainnya adalah lokasinya yang unik di dalam pusat perbelanjaan yang ramai. Sementara sebagian besar kompetisi berlangsung di stadion khusus atau tempat luar ruangan, Nipah Park menawarkan sesuatu yang benar-benar berbeda dengan mengintegrasikan fasilitas mal secara mulus ke dalam skena dan ekosistem olahraga.

Pekan Olahraga Nipah dihadirkan sebagai bagian dari upaya untuk menjadikan Nipah Park sebagai pusat aktivitas inklusif yang fokus pada pengembangan ekosistem olahraga dan kreativitas.

Tak hanya pertandingan cabang olahraga, berbagai program acara lainnya turut meriahkan PON selama tujuh hari ke depan. Antara lain Coaching Clinic E-Sport, Community Activities, penampilan musik, stand up comedy, dan senam aerobik.

Keseruannya tak sampai di situ saja. Berbagai talk show juga dihadirkan bersama JEC Orbita, psikolog, dan sport photographer. Seluruh rangkaian acara akan ditutup dengan Awarding Day atau penyerahan medali Closing Ceremony pada 21 Juli 2024 mendatang.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru