Relawan Prof Husain Syam Sambangi Masjid Tertua di Majene

Tim Sindomakassar
Kamis, 06 Apr 2023 22:39
Relawan Prof Husain Syam Sambangi Masjid Tertua di Majene
Road Show Ramadan 1444 Hijriah Tim Prof Husain Syam (PHS) terus berlanjut di Sulawesi Barat, kali ini menyambangi salah satu masjid tertua di Kabupaten Majene. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAJENE - Road Show Ramadan 1444 Hijriah Tim Prof Husain Syam (PHS) terus berlanjut di Sulawesi Barat, kali ini menyambangi salah satu masjid tertua di Kabupaten Majene.

Setelah sebelumnya berhasil membersihkan sebanyak 95 masjid di Kabupaten Polewali Mandar, kini para relawan PHS berada di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat.



Dalam keterangannya, Koordinator Relawan PHS, Maulana Yusdianto, mengungkapkan bahwa hari ini Kamis, 6 April 2023, ia dan relawan PHS lainnya menyambangi masjid tertua di Majene yakni Masjid Kuno Syech Abdul Mannan Salabose.

Masjid yang berlokasi di Lingkungan Salabose, Kelurahan Pangali-ali, Kecamatan Banggae, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat tersebut kini telah berusia 400 tahun.

Masjid Salabose yang dibangun pada abad ke-16 itu merupakan salah satu jejak sejarah penyebaran Islam di tanah Mandar pada awal abad ke-16.

Menurut Maulana, salah satu bukti jejak sejarah Islam di tanah Mandar yang terdapat di masjid tersebut yakni keberadaan Al Quran tertua yang ditulis tangan dengan tinta dari pohon kayu. Di dalamnya terdapat pula sebuah makam, yang tak lain adalah makam Syeh Abdul Mannan, seorang ulama Persia yang sebelumnya menyebarkan agam Islam di Pulau Jawa.

Berdasarkan catatan sejarah, di lokasi inilah Syeh Abdul Mannan mulai menyebarkan Islam di Sulawesi.



Maulana menambahkan, selain dalam rangkaian Road Show Ramadhan 1444 Hijriah, kegiatan amaliyah ramadhan di Masjid Salabose tersebut juga dirangkaikan dengan ziarah.

Sementara itu, hingga memasuki hari ke-10 pelaksanaan Road Show Ramadhan 1444 Hijriah, Tim PHS Maulana terus melanjutkan aksi bersih masjid dan pembagian sembako kepada para imam masjid, muadzin serta pengurus masjid.

Kegiatan yang dimulai sejak 27 Maret 2023 lalu tersebut rencananya akan berlanjut hingga jelang Idul Fitri mendatang.

Road Show Ramadan yang dilaksanakan oleh para relawan PHS tersebut diinisiasi oleh Rektor Universitas Negeri Makassar, Prof Husain Syam.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru