Imigrasi Polman dan Pemkab Majene Lanjutkan Kerja Sama Layanan Paspor

Tri Yari Kurniawan
Selasa, 07 Mar 2023 17:00
Imigrasi Polman dan Pemkab Majene Lanjutkan Kerja Sama Layanan Paspor
Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polman dan Pemkab Majene menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) terkait kelanjutan layanan paspor di Majene. Foto/Dok Imigrasi Polman
Comment
Share
MAJENE - Layanan paspor di Kabupaten Majene terus berlanjut. Hal tersebut dipastikan setelah Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar (Polman) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majene menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) terkait hal tersebut.

Kesepakatan berlanjutnya layanan paspor di Majene dilakukan di halaman Pendopo Rumah Jabatan Bupati Majene. Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Kepala Kantor Imigrasi Polman, Erybowo Radyan Asmono dan Sekretaris Kabupaten Majene, Ardiansyah.



Turut hadir menyaksikan penandatangan kerja sama itu yakni Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat, Andi Pallawarukka dan Kepala Bagian Kerja Sama Sekretariat Daerah Kabupaten Majene, Andi Devianti Arna Altin.

"Layanan yang dilaksanakan di Majene ini merupakan inovasi dari Kantor Imigrasi Polman yaitu Layanan Jemput Bola Kanim Polman di Kabupaten Majene dan Mamasa atau yang disingkat menjadi Layanan Jempol MaMa," kata Kepala Divisi Keimigrasian Kemenkumham Sulbar, Andi Pallawarukka, kemarin.

Berdasarkan hasil evaluasi dari pelaksanaan Layanan Jempol MaMa, terdapat 352 permohonan paspor. Rinciannya yakni layanan penerbitan paspor baru, penggantian paspor karena habis masa berlaku, dan pengambilan paspor selesai.

Pallawarukka menyebut berdasarkan jumlah permohonan tersebut dan melihat respons serta animo masyarakat Majene dan sekitarnya, pihaknya memutuskan melanjutkan kerja sama perihal layanan paspor di wilayah tersebut. Adapun permintaan berlanjutnya layanan imigrasi disampaikan langsung oleh warga dan melalui media sosial.

Sekretaris Kabupaten Majene, Ardiansyah, pada kesempatan itu menyampaikan kehadiran layanan imigrasi di wilayahnya sangat membantu masyarakat. Tidak perlu lagi jauh-jauh ke Polman untuk mengurus paspor.

"Masyarakat di Kabupaten Majene tidak perlu jauh-jauh mendatangi Kantor Imigrasi Polewali Mandar untuk melakukan permohonan paspor karena Layanan Jempol MaMa ini hadir kembali di Kabupaten Majene dan mendekatkan layanannya kepada masyarakat", ungkap Ardiansyah.



Ia berharap sinergitas antara Kantor Imigrasi Polman dan Pemkab Majene harus tetap dijaga dan ditingkatkan lagi tidak hanya terbatas pada Layanan Jempol MaMa, namun pada kegiatan-kegiatan lain yang tentunya bernilai positif, khususnya bagi masyarakat dan pemerintah setempat.

Layanan Jempol MaMa di Majene akan dilaksanakan setiap dua pekan sekali di Kantor Bupati Majene. Jam operasional dimulai pukul 10.00 WITA hingga 15.00 WITA. Pada jadwal yang telah ditentukan, pemohon paspor dapat datang dengan membawa persyaratan yang berlaku. Paspor yang telah selesai, nantinya dapat diambil ditempat yang sama pada jadwal pelaksanaan layanan imigrasi berikutnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru