Disdik Sinjai Dorong Pemanfaatan Aplikasi AI dalam Pembelajaran

Tim Sindomakassar
Senin, 05 Agu 2024 13:10
Disdik Sinjai Dorong Pemanfaatan Aplikasi AI dalam Pembelajaran
Pelatihan yang berlangsung mulai 5-8 Agustus 2024 ini dibuka langsung Penjabat (Pj) Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah di Gedung Pertemuan Kecamatan Sinjai Utara, Senin (05/08/2024). Dok Pemkab Sinjai
Comment
Share
SINJAI - Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai menggelar pembinaan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk pendidikan melalui pelatihan pemanfaatan aplikasi Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran.

Pelatihan yang berlangsung mulai 5-8 Agustus 2024 ini dibuka langsung Penjabat (Pj) Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah di Gedung Pertemuan Kecamatan Sinjai Utara, Senin (05/08/2024).

Penggunaan aplikasi TIK dinilai Kadisdik Sinjai Irwan Suaib dihadirkan untuk mempermudah dalam hal proses produktivitas dan juga memperluas media belajar.



Penerapan AI di dalam sektor pendidikan juga dinilai tidak hanya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran tapi juga membawa efesiensi operasional dan administratif yang siginifikan.

“Pelatihan ini bertujuan meningkatkan kemampuan guru menggunakan aplikasi pembelajaran AI, mengembangkan keterampilan guru dalam membuat pembelajaran digital, serta meningkatkan penggunaan TIK dalam pengelolaan administrasi sekolah maupun organisasi,” ujar Kadisdik.

Sementara itu, T.R. Fahsul Falah menyampaikan bahwa transformasi digital disektor pendidikan tidak dapat dilakukan sendiri oleh Pemerintah, dibutuhkan sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak termasuk Satuan Pendidikan, guru, siswa, orang tua, dan masyarakat luas.

“Untuk itu saya mengajak seluruh stakeholder pendidikan di kabupaten Sinjai untuk bersama-sama membangun ekosistem digital yang kondusif di sekolah, meningkatkan literasi digital bagi guru dan siswa, dan juga memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran,” ungkapnya



T.R. Fahsul yakin dengan komitmen, kerja cerdas dan kerja ikhlas seluruh komponen terkait, dapat mewujudkan pendidikan yang berkualitas di Kabupaten Sinjai yang sekarang menunjukkan kemajuan yang cukup siginifikan.

“Hal ini dapat kita buktikan dengan adanya penghargaan juara kedua Nasional dalam program jawara.id yang merupakan penghargaan tertinggi kepada daerah yang telah sukses melaksanakan transformasi pembelajaran,” tandasnya.

Sekira 404 orang menjadi peserta dalam pelatihan ini. Peserta merupakan guru PAUD, SD, dan SMP. Selama pelatihan peserta dibagi ke dalam dua tempat yakni di Gedung Pertemuan untuk jenjang SMP dan Aula Hotel Rofina untuk jenjang PAUD dan SD.

Sementara pematerinya adalah tenaga pengajar bersertifikat ToT pelatihan AI.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru