KPU Pinrang Buka Pendaftaran Cakada, Ingatkan Parpol Ajukan Permohonan Buka Silon

Ahmad Muhaimin
Minggu, 25 Agu 2024 13:30
KPU Pinrang Buka Pendaftaran Cakada, Ingatkan Parpol Ajukan Permohonan Buka Silon
KPU Pinrang mengumumkan jadwal pendaftaran pasangan calon (Paslon) untuk Pilkada 2024. Dok KPU Pinrang
Comment
Share
PINRANG - KPU Pinrang mengumumkan jadwal pendaftaran pasangan calon (Paslon) untuk Pilkada 2024. Pengumuman resmi dilakukan mulai Sabtu, 24 Agustus sampai Senin, 26 Agustus 2024.

Ketua KPU Pinrang, Muh Ali Jodding mengatakan pendaftaran Paslon akan dibuka selama tiga hari. Dimulai pada Selasa, 27 Agustus sampai Kamis, 29 Agustus 2024.

"Rencana besok kita simulasi. Kemarin (Sabtu) sore kita sudah rapat koordinasi dengan parpol. Kita sudah mengatur pendaftaran manualnya yang datang ke kantor tanggal 28 dan 29 nya (Agustus) itu," kata Ali Joddong kepada Sindo Makassar pada Ahad (25/08/2024).

Ali Jodding mengingatkan, kepada parpol atau gabungan parpol untuk segera memasukkan permohonan pembukaan akun Silon. Dimana berkas persyaratan Cakada, wajib diunggah di Silon terlebih dahulu.

"Parpol atau gabung parpol, bisa diwakili oleh satu parpol saja untuk mengajukan permohonan kepada operator KPU untuk membuka akun Silon. Karena seluruh berkas calon itu, diupload di Silon," ujarnya.

KPU Pinrang Buka Pendaftaran Cakada, Ingatkan Parpol Ajukan Permohonan Buka Silon


Adapun dokumen persyaratan Cakada harus diunggah di Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Diantaranya ialah SKCK, KTP, foto copy ijazah, surat keterangan tidak pernah dipidana, surat keterangan tidak dicabut hak pilihnya dan lain-lain yang dipersyaratkan.

Ali Jodding menuturkan, sejauh ini baru Nasdem yang meminta pembukaan akun silon (24/08) kemarin. Dan menurut informasi lisannya, pada (25/08) hari ini baru dimasukkan surat permohonannya.

"Partai mengajukan surat permohonan, karena tanda tangan ketua partai di situ. Hari ini, baru satu. Tapi penyampaian lisannya sudah ada dua lagi (yang meminta pembukaan akun Silon), Golkar Pan PKB," tuturnya.

Tiga pasangan calon sudah mengajukan rencana jadwal pendaftaran ke KPU Pinrang. Pasangan Andi Irwan Hamid-Sudirman Bungi dijadwalkan akan datang sekira pukul 08.00 sampai 11.30 Wita pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Pada hari yang sama, pasangan Ahmad Jaya Baramuli-Abdillah Natsir meminta jadwal pendaftaran ke KPU Pinrang sekira pukul 12.00 sampai 14.30 Wita.

Sementara, pasangan Usman Marham-Andi Hastri Wello dalam penyampaian lisannya ingin mendaftar ke KPU Pinrang sekira pukul 12.00 sampai 14.00 Wita pada Kamis, 29 Agustus 2024.



Soal massa Cakada, KPU Pinrang akan melakukan koordinasi dengan Polres Pinrang terkait pengamanan. Apalagi pasangan Andi Irwan Hamid-Sudirman Bungi sudah memasukkan permohonan akan membawa 10 ribu massa.

"Makanya di rapat koordinasi (kemarin), Pak Kapolres dan Pak Dandim hadir, kita akan batasi jumlah massa. Karena kapasitas (luas) kami di kantor, tidak muat. Jadi kita batasi," tuturnya.

Ali Jodding menjelaskan, pihaknya akan melakukan simulasi pendaftaran pada Senin (26/08) besok. KPU Pinrang juga berencana akan memberikan surat penyampaian, kepada Cakada terkait jumlah massa pendukung yang bisa masuk ke halaman KPU Pinrang.

"Kita akan simulasikan besok, berapa kira-kira kapasitas kursi. Dan berapa kapasitas kursi kami, baiknya itu juga massa yang hadir. Pada intinya, kami harapkan massa tertib," jelasnya.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru