Kemdikbudristek Dukung Polipangkep Jadi Pusat Techno-Agro-Maritime

Luqman Zainuddin
Rabu, 11 Sep 2024 10:43
Kemdikbudristek Dukung Polipangkep Jadi Pusat Techno-Agro-Maritime
Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), Tatang Muttaqin, S.Sos., M.Ed., Ph.D. Foto: Istimewa
Comment
Share
PANGKEP - Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan (Polipangkep) menggelar Rapat Senat Terbuka yang berlangsung pada 9 September 2024 di New LT Gedung Terintegrasi.

Giat ini digelar secara hybrid dan live pada kanal Youtube Polipangkep TV. Tema yang diusung dalam Hari Jadi ke-36 tersebut adalah “Polipangkep Terus Berprestasi Menuju Pusat Techno-Agro-Maritime untuk Indonesia Maju”.

Menandai puncak peringatan Dies Natalis ke-36, Rapat Senat Polipangkep diisi dengan agenda dengan orasi ilmiah oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), Tatang Muttaqin, S.Sos., M.Ed., Ph.D.

Dalam orasinya, Tatang Muttaqin menegaskan betapa pentingnya penyediaan layanan pendidikan vokasi yang berkualitas serta penguatan keahlian kapasitas kerja sebagai kunci untuk menghadapi tantangan bonus demografi dan penyediaan pangan bagi masyarakat.

“Politeknik Pangkep berperan strategis dalam pengembangan sektor techno-agro-maritime di Indonesia. Untuk itu, kualitas pendidikan vokasi harus ditingkatkan secara berkelanjutan. Kita harus memastikan bahwa pendidikan yang diberikan relevan dengan kebutuhan industri serta mampu mengembangkan keahlian yang tepat bagi para mahasiswa,” ungkap Tatang Muttaqin dengan penuh semangat.

Masih dalam orasinya, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi menekankan pentingnya mempersiapkan SDM berpengetauan, kreatif, serta adaptif terhadap pemanfaatan teknologi digital. Oleh karena itu, Polipangkep sebagai kampus vokasi yang bergerak di bidang Pertanian, Perikanan, Kemaritiman, dan Bisnis sangat relevan dengan konsepsi techno-agro-maritime.

Tatang Muttaqin juga menggarisbawahi pentingnya kerja sama antara institusi pendidikan dan industri, serta perlunya inovasi dalam pengembangan kurikulum untuk menyesuaikan dengan perubahan teknologi dan kebutuhan pasar kerja.

“Lulusan yang memiliki keterampilan praktis yang sesuai dengan kebutuhan industri akan lebih siap menghadapi tantangan di dunia kerja dan mampu berkontribusi lebih besar jika dibekali dengan keahlian kapasitas kerja,” tambahnya.

Rapat Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-36 Polipangkep juga memberikan penghargaan kepada dosen dan mahasiswa berprestasi Polipangkep sebagai bagian dari upaya untuk menghargai dan memotivasi untuk terus bersemangat dalam mengukir sejarah prestasi Polipangkep.

Penganugerahan piagam penghargaan ini diberikan kepada mahasiswa yang telah menunjukkan dedikasi dan prestasi luar biasa dalam bidang akademik serta kegiatan ekstrakurikuler di tingkat nasional.

Direktur Polipangkep, Dr. Ir. Darmawan, MP., dalam pidatonya mengaku sangat bangga dengan pencapaian mahasiswa kami.

"Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas usaha dan kerja keras mereka. Semoga ini menjadi motivasi bagi semua mahasiswa untuk terus berprestasi dan mendukung visi Polipangkep dalam menjadi pusat pendidikan vokasi yang inovatif, unggul, berbudaya, dan berkelas dunia," ujar Darmawan.

Dengan semangat membara, Polipangkep berkomitmen untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan vokasi, serta berkontribusi pada pengembangan sektor techno-agro-maritime di Indonesia. Dies Natalis ke-36 ini menjadi momentum penting untuk memperkuat tekad seluruh sivitas akademika.

Suksesnya perayaan Dies Natalis ke-36 Polipangkep tidak terlepas dari dukungan Direktur serta jajaran pimpinan dan seluruh sivitas akademika, juga kerja cerdas jararan panitia.

Siti Muriyana, S.T selaku Ketua Panitia Dies Natalis ke-36 Polipangkep mengungkapkan terima kasih kepada Direktur serta jajaran pimpinan dan seluruh sivitas akademika atas suksesnya perhelatan Dies Natalis ke-36 yang mulai digelar sejak 2 September 2024 lalu.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Direktur, jajaran pimpinan, Ketua Senat dan jajarannya, serta seluruh sivitas akademika Polipangkep yang telah berkolaborasi dan bekerja keras untuk mensukseskan Dies Natalis ke-36. Kegiatan ini adalah hasil dari komitmen dan dedikasi bersama dalam memajukan institusi kita. Dari awal hingga puncak acara, dukungan dan partisipasi semua pihak sangat berarti dan memberikan kontribusi besar terhadap kesuksesan perhelatan ini,” pungkasnya.

Segenap sivitas akademika Polipangkep mengucapkan Selamat Hari Jadi yang ke-36 untuk Polipangkep. Semoga dari waktu ke waktu selalu ada prestasi dan inovasi yang tercipta dari kampus vokasi ini. Polipangkep Terus Berprestasi Menuju Pusat Techno-Agro-Maritime untuk Indonesia Maju.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru