Bawaslu Sulsel Ingatkan Pangawas Pemilu Bantaeng Jaga Netralitas dan Integritas

bahar karibo
Minggu, 22 Sep 2024 15:07
Bawaslu Sulsel Ingatkan Pangawas Pemilu Bantaeng Jaga Netralitas dan Integritas
Anggota Bawaslu Sulsel Andarias Duma saat menjadi narasumber rapat teknis hukum di Hotel Ahriani Bantaeng. Foto: SINDO Makassar/Bahar Karibo
Comment
Share
BANTAENG - Komisioner Divisi Hukum dan Pendidikan Bawaslu Sulsel Andarias Duma mengingatkan kepada seluruh Pengawas Pemilu agar memiliki integritas.

Hal tersebut disampaikan Andarias di hadapan peserta rapat teknis peningkatan kapasitas hukum bagi Pengawas Pemilu yang diselenggarakan Bawaslu Bantaeng, di Hotel Ahriani, Sabtu (21/9/2024).

Di hadapan 24 Panwascam dan 67 Pengawas Desa dan Kelurahan, Andarias Duma menyampaikan, untuk menciptakan pemilihan yang jujur dan adil, pengawas harus menjaga integritas dan taat terhadap regulasi.

"Pengawasan Pemilu yang baik itu, jika pengawasnya bisa menjaga integritas dan netralitas," tegas Andarias.

Menurut Andarias, di masa kampanye, ini sorotan masyarakat akan selalu tertuju pada Bawaslu. Oleh karena itu, petugas pengawas harus memastikan bahwa setiap kantor Bawaslu dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) beroperasi dengan jadwal piket yang tertata rapi.

“Kami berharap setiap kantor Bawaslu dan Panwascam memiliki jadwal piket yang terstruktur dengan baik,” kata Andarias. Lanjut ucap Andarias, hal tersebut sangat penting agar laporan pelanggaran pemilu yang bisa terjadi setiap saat, segera ditindaklanjuti tanpa ada penundaan.

Andarias menekankan perlunya pencegahan sebelum terjadinya pelanggaran terjadi. Makanya, penting bagi Pengawas harus berupaya untuk menjaga integritas dan netralitas dalam menjalankan tugas, agar tidak terjebak dalam kepentingan politik tertentu.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Bantaeng, Ningsih Purwanti, menyampaikan arahan yang jelas kepada para pengawas tentang bagaimana merespons pelanggaran yang mungkin terjadi selama proses pemilihan berlangsung.

Kemudian, Ningsih juga mengingatkan bahwa dalam menjalankan tugas, pengawas harus tetap bersikap seimbang dan selalu bersikap adil, dan jujur. Dan tak kalah penting kata Ningsih, adalah menjaga kesehatan. Karena tugas yang dijalankan cukup berat.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru