Desa Kaloling Juara Lomba Desa Ketahanan Pangan Sulsel

bahar karibo
Sabtu, 19 Okt 2024 16:30
Desa Kaloling Juara Lomba Desa Ketahanan Pangan Sulsel
Pj Bupati Bantaeng Andi Abubakar menerima penghargaan Lomba Desa Ketahanan Pangan. Foto: SINDO Makassar/Bahar Karibo
Comment
Share
MAKASSAR - Desa Kaloling, Kecamatan Gantarangkeke, Kabupaten Bantaeng berhasil menyabet posisi terbaik tingkat Provinsi Sulawesi Selatan pada Lomba Desa Ketahanan Pangan. Lomba ini diselenggarakan Pemerintah Sulsel. Desa Kaloling juara I.

Lomba Desa Ketahanan Pangan yang diikuti sebanyak 18 Desa dari 14 Kabupaten di Sulsel. Tahapan lomba Desa ketahanan pangan tahun 2024 ini meliputi, verifikasi profil desa, kemudian verifikasi dan validasi lapangan untuk melihat kesesuaian selanjutnya, ekspose pemaparan apa saja dilakukan dalam upaya meningkatakan ketahanan pangan.

Selain memperoleh penghargaan, Desa Kaliling juga berhak menerima hadiah uang tunai sebesar Rp75 juta dari Pemprov yang diserahkan langsung oleh Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh, pada Rapat Paripurna perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Sulsel yang ke-355 Sabtu 19 Oktober 2024.

Pada kesempatan itu Bupati Bantaeng Andi Abubakar yang didampingi, Ketua DPRD Budi Santoso, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Rahmaniar dan Kepala Desa Kalilong Ruslan HS, mengatakan, keamanan pangan merupakan tanggung jawab bersama. Ketahanan pangan harus mendapat pengawalan mulai dari huli hingga hilir.

Menurutnya, untuk bisa mewujudkan ketahanan pangan, perlu dilakukan secara terpadu dengan melibatkan peran aktif masyarakat supaya bisa memberikan dampak bagi masyarakat itu sendiri.

"Perlu partisipasai aktif masyarakat, dalam program pangan di setiap desa," jelas Andi Abubakar.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru