Nmax Turbo Tour Boemi Nusantara Eksplorasi Sulsel: Jajal Jalur Terjal, Singgahi Objek Wisata

Luqman Zainuddin
Minggu, 20 Okt 2024 06:30
Nmax Turbo Tour Boemi Nusantara Eksplorasi Sulsel: Jajal Jalur Terjal, Singgahi Objek Wisata
Peserta Tour Boemi Nusantara menggeber Nmax Turbo di jalur Maros-Bone. Foto: SINDO Malassar/Luqman Zainuddin
Comment
Share
MAKASSAR - Nmax Tour Boemi Nusantara tiba di etape terakhir, Pulau Sulawesi. Para peserta yang menggeber Nmax Turbo, menjajal jalur terjal dan menyinggahi objek-objek wisata sepanjang jalur selatan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Sulsel merupakan etape terakhir dari rangkaian Tour Boemi Nusantara 2024. Sebelumnya, tur sudah dilaksanakan dari Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sumatera, hingga Kalimantan.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacture (YIMM) bersama PT Suracojaya Abadimotor (SJAM) selaku dealer resmi motor Yamaha area Sulselbar melibatkan puluhan biker dalam agenda tahunan ini.

Dari puluhan biker tersebut, di antaranya merupakan jurnalis kantor berita nasional dan lokal. Sebagian lainnya merupakan komunitas. Mereka 'dibekali' 20 unit Nmax Turbo, yang diluncurkan Juni 2024 lalu.

Peserta bertolak dari Kota Makassar pada Jumat 18 Oktober. Dari situ, peserta melaju ke Kabupaten Maros di arah utara Makassar, kemudian berbelok menuju Kabupaten Bone via Jalur Camba.



Jalur Camba merupakan penghubung Maros-Bone dengan panjang jalanan kurang lebih 175 kilometer. Jalur ini membelah perbukitan, sehingga jalannya menanjak-berkelok dan menurun tajam. Sementara sisi-sisi jalannya hutan dan jurang yang curam.

Dalam kondisi jalur seperti inilah Nmax Turbo dengan teknologi Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT) sangat berguna. YECVT ini menghadirkan perbedaan mencolok dengan metik pendahulu maupun milik kompetitor.

YECVT merupakan teknologi yang pertama kali diperkenalkan Yamaha di dunia. Ia membuat motor metik lebih responsif. Tidak seperti sistem CVT konvensional yang memanfaatkan roller dengan gerak sentrifugal, YECVT bekerja dengan memanfaatkan komponen kelistrikan khusus.

Nmax Turbo Tour Boemi Nusantara Eksplorasi Sulsel: Jajal Jalur Terjal, Singgahi Objek Wisata

Sederhananya, teknologi ini membuat akselerasi motor bisa lebih instan dan diatur secara fleksibel. Caranya, cukup menekan tombol shift pada sisi kiri stang motor, dengan tiga pilihan akselerasi: low, medium, dan high.

Pilihan akselerasi tersebut digunakan dengan maksimal oleh rider Tour Boemi Nusantara ini. Khususnya untuk mendahului kendaraan, seperti truk yang kewalahan menanjak ataupun melibas tanjakan itu sendiri.



Tidak hanya saat tanjakan, teknologi YECVT juga dapat digunakan sebagai deselerasi atau sistem pengereman mesin. Khususnya ketika menghadapi jalan menurun.

Dalam perjalanan ini, para peserta mengunjungi titik-titik pariwisata dan objek bersejarah di tiap kabupaten. Di Maros misalnya, menyinggahi landmark Taman Wisata Bantimurung, Titik Nol dan Tugu Arung Palakka di Bone, Pengrajin Pinisi di Bulukumba, hingga PLTB Kincir Angin di Jeneponto.

Nmax Turbo Tour Boemi Nusantara Eksplorasi Sulsel: Jajal Jalur Terjal, Singgahi Objek Wisata

Total peserta melintasi 9 kabupaten dalam tur ini, yakni Maros, Bone, Sinjai, Bulukumba, Bantaeng, Jeneponto, Takalar, Gowa, dan kembali ke Kota Makassar. Total jarak tempuh 477 kilometer.

Area Promosi YIMM Sulawesi Hardian Mahendra mengatakan, Sulawesi merupakan etape ke-12 sebagai penutup.

"Touring ini melintasi jalan nusantara. Dimulai dari Pulau Jawa, Bali, NTT, Sumatera, Kalimantan, dan terakhir di Sulawesi," kata Hardian, Sabtu (9/10/2024).

Hardian menjelaskan, rute Sulawesi menjadi jarak terpanjang kedua setelah Kalimantan. Di rute ini, peserta touring dapat memaksimalkan Nmax Turbo dengan segala fiturnya.



"Kami ingin memberikan pengalaman sensasi berkendara menggunakan Nmax Turbo di jalan Sulawesi," kata Hardian.

Sejak dirilis secara resmi pada Juni 2024 kemarin, Nmax Turbo perlahan mendominasi penjualan Nmax secara total di PT Suracojaya Abadijaya (PT SJAM).
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru