Kursi Kosong di 2 Daerah, PDIP Sulsel Instruksikan DPC Tambah Kursi di Pemilu 2024

Ahmad Muhaimin
Senin, 27 Mar 2023 07:00
Kursi Kosong di 2 Daerah, PDIP Sulsel Instruksikan DPC Tambah Kursi di Pemilu 2024
Pengurus PDIP Sulsel. Foto: Dok Pribadi PDIP Sulsel
Comment
Share
MAKASSAR - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulsel menginstruksikan kepada 24 DPC kabupaten/kota untuk bisa meraih kursi pada Pileg 2024 mendatang. Khusus bagi daerah yang minim kursi, didorong untuk bekerja lebih maksimal.

Ketua Dewan Kehormatan DPD PDIP Sulsel, Andi Ansyari Mangkona mengatakan pihaknya telah melakukan rapat koordinasi penjaringan dan penyaringan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota di Makassar, baru-baru ini.

Andi Ansyari bilang, poinnya ialah meminta kepada seluruh kader PDIP Sulsel untuk bisa memperoleh kursi sebanyak-banyak pada Pemilu 2024 mendatang. Khususnya di Kabupaten Maros dan Bantaeng yang tak punya kursi.

"Yang menjadi perhatian khusus kami ada kabupaten yang tidak memiliki kursi (di DPRD) seperti Maros dan Bantaeng. Nah kita harus bisa pecah telur di 2024 nanti," kata Andi Ansyari.



Anggota DPRD Sulsel ini juga mendorong daerah-daerah yang sudah memperoleh kursi, tapi belum cukup membentuk fraksi. Seperti Sidrap, Enrekang, Wajo, Selayar dan Sinjai yang hanya memiliki satu kader di parlemen.

Selanjutnya Jeneponto, Takalar, Gowa, Luwu Utara dan Kota Parepare yang masing-masing hanya memiliki dua kursi. "Ini juga kami desak agar menjadi perhatian khusus (untuk tingkatkan perolehan kursi)," ujarnya.

"Jadi kami tekankan harus memiliki target. Jangan seperti lalu-lalu, kalau bisa mereka harus memperoleh tiga sampai empat kursi," sambungnya.

Menurut Andi Ansyari, komposisi Bacaleg partainya sudah 100 persen. Bahkan laporan beberapa DPC sudah ada full sehingga dilakukan penyaringan.

"Mengevaluasi bacaleg terutama kuota perempuan di setiap kabupaten. Struktur Bacaleg sudah 100 persen," bebernya.



Soal sistem Pemilu yang diusul proporsional tertutup, Andi Ansyari menekankan pada prinsipnya partainya siap. "Kami siap baik tertutup maupun terbuka, apapun yang diputuskan MK nantinya," kuncinya.

Ketua DPC PDIP Selayar, Muh Anas Ali siap menjalankan instruksi DPD. Ia menargetkan bisa meningkatkan kursi pada Pileg 2024 mendatang.

Saat ini, Kepulauan Selayar dibagi menjadi tiga daerah pemilihan (Dapil). "Iya, kami DPC Selayar target 3 kursi untuk pemilu 2024," kuncinya.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru