Pelanggan Keluhkan Layanan Air Bersih PDAM Luwu, Tidak Lancar dan Keruh

Chaeruddin
Senin, 27 Mar 2023 11:51
Pelanggan Keluhkan Layanan Air Bersih PDAM Luwu, Tidak Lancar dan Keruh
Intake IKK Bua di Permandian Wai Tiddo. Kondisi air baku PDAM Luwu di Sungai Pakkalolo. Foto: Ist
Comment
Share
LUWU - Pelayanan air bersih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Luwu mendapat sorotan. Pasalnya, layanan air bersih kepada masyarakat tidak maksimal sejak sebulan terakhir.

Warga di Kecamatan Bua mengungkapkan, pelayanan PDAM khususnya IKK Bua, mengecewakan pelanggan. "Hampir sebulan, pelayanan PDAM tidak baik. Air tidak mengalir setiap pekannya, hari ini tidak mengalir sejak hari Sabtu," keluh Masni.

Masni mengatakan, bahkan jika air mengalir, kualitasnya sangat buruk. "Kalau sudah mengalir, air tidak jernih, keruh. Kami berharap, pelayanan ini diperbaiki, khususnya IKK Bua," pintanya.



Kepala Bagian Hubungan dan Langganan PDAM Luwu, Hedir yang dikonfirmasi mengakui adanya gangguan pelayanan utamanya di IKK Bua. Salah satu penyebabnya adalah faktor alam.

"Yang terbaru terjadi banjir di Sungai Pakkalolo tepatnya terjadi longsor di Sungai atau Salu Garungga, sehingga pasokan air bersih dari kami terganggu," lanjutnya.

Dijelaskan, sumber air baku PDAM untuk IKK Bua saat ini tersisa satu saja, yakni intake di sekitar Permandian Alam Wai Tiddo. Intake terbaru yang dibuat oleh Dinas PUPR beberapa waktu lalu sudah rusak bahkan belum difungsikan sama sekali.



"Satu sumber yang baru, namun sudah hilang akibat banjir bandang dan longsor sejak tahun lalu. Sudah diserahkan oleh PUPR, kita sudah tarik pipa sejauh 1 kilometer, namun belum sempat digunakan sudah rusak," jelas Hedir.

"Sehingga sumber air bersih IKK Bua saat ini tersisah satu, yakni Intake yang ada di sekitar wisata alam Wai Tiddo," tambahnya.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru