Banyak Tokoh Merapat, PPP Berpeluang Raih 2 Kursi di Dapil Sulsel II

Ahmad Muhaimin
Senin, 03 Apr 2023 08:00
Banyak Tokoh Merapat, PPP Berpeluang Raih 2 Kursi di Dapil Sulsel II
Mantan Bupati Maros Hatta Rahman saat mengenakan jaket Partai PPP persiapan maju jadi Caleg DPR RI di Dapil Sulsel II tahun depan. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - PPP menambah targetnya khusus di daerah pemilihan (Dapil) Sulsel II. Awalnya realistis satu kursi, kini optimis bisa meraih dua kursi.

PPP getol mencari tokoh potensial belakangan ini di Dapil Sulsel II. Dapil yang meliputi Kabupaten Maros, Pangkep, Barru, Soppeng, Wajo, Bone, Sinjai, Bulukumba dan Kota Parepare bahkan diisi Bacaleg pendulang suara di setiap daerah.

Bahkan beberapa pendulang suara di partai lain, digaet PPP untuk menambah kekuatan. Seperti Muh Yasir dari Golkar yang meraih 51.838 suara dengan basis Kabupaten Bone.

Yasir akan menjadi tandem Muh Aras, petahana DPR RI yang memperoleh 39.853 suara di Pileg 2019 lalu. Ada juga Ketua PPP Bulukumba, Askar HL yang meraih 35.317 suara.

Andi Mariattang yang memperoleh 15.092 suara juga masih didorong maju. Andi Nurhidayati Zainuddin akan naik kelas dari DPRD Provinsi ke pusat, yang mengantongi 12.539 suara di Pileg 2019 lalu.



Terbaru ialah Hatta Rahman yang merupakan mantan Bupati Maros dua periode. Di Pileg 2019, ia berada di belakang Andi Suhartina Bohari yang jadi Caleg DPR RI dari PAN yang meraih 30.638 suara.

Kabarnya, Andi Citta Mariogi yang merupakan juga dipersiapkan untuk melengkapi keterwakilan 30 persen perempuan di Dapil Sulsel II. Istri mantan Bupati Barru, Idris Syukur ini sebelumnya maju lewat PDIP dengan raihan 12.248 suara.

"Tentu dengan bergabungnya para tokoh-tokoh baru ini, kami ingin mengamankan kursi yang sudah ada. Tapi kami juga melihat peluang untuk bisa meraih lebih dari satu kursi," kata Lajnah Pemenangan Pemilu (LP2), Yusran Sofyan saat dihubungi pada Ahad (2/4) kemarin.

Selain itu, ada juga nama Muhammad Rusydi Arief yang memiliki basis di Wajo. Ia juga disiapkan maju dalam pertarungan DPR RI Dapil Sulsel II.

Yusran menuturkan, memang masih ada daerah yang belum diwakili secara geopolitik, seperti Pangkep, Sinjai dan Parepare. Namun demikian, pihaknya tetap berupaya bisa mengamankan dua kursi di Dapil Sulsel II.



"Meski begitu, kita memungkinkan bisa memperoleh lebih dari satu kursi. Apalagi mereka yang baru bergabung, membawa ekspektasi tinggi kepada masyarakat di wilayahnya, seperti Pak Hatta di Maros," jelasnya.

Andi Nurhidayati menyambut baik bergabungnya Hatta Rahman PPP. Ia juga tidak mempersoalkan bila mantan Bupati Maros dua periode itu, bakal menjadi lawannya nanti di Dapil Sulsel II.

"Apa yang dilakukan Pak Ketua DPW dan Pak Waketum menyakinkan Pak Hatta Rahman patut diapresiasi. Dan ini sangat luar biasa menjelang Pileg 2024," ungkap Andi Etti sapaannya.

Anggota DPRD Sulsel ini menilai, kehadiran Hatta Rahman tentu menambah kekuatan elektoral PPP. Buktinya, mantan Ketua DPD PAN Maros itu mampu menjabat Bupati Maros dua periode.

"Sebagai Mantan Bupati Maros, Pak Hatta tentu punya basis yang jelas dan loyal. Ini akan mendongkrak suara PPP di Dapil Sulsel II dan Kita yakin kursi PPP aman di dapil ini," bebernya.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru