Warga Berharap Camat Baru Bisa Memajukan Pulau Sembilan Sinjai

Irman Bagoseng
Senin, 03 Apr 2023 12:20
Warga Berharap Camat Baru Bisa Memajukan Pulau Sembilan Sinjai
Camat Pulau Sembilan, Muhammad Azharuddin Al Ansary bersama warga beberapa waktu lalu. Foto: SINDO Makassar/Irman Bagoseng
Comment
Share
SINJAI - Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai kini punya camat baru. Ia adalah Muhammad Azharuddin Al Ansary. Di tangannya, warga berharap Kecamatan Pulau Sembilan bisa lebih maju.

Muhammad Azharuddin dilantik Senin 27 Maret lalu. Usai resmi menjadi Camat Pulau Sembilan, ia langsung menyusuri pulau-pulau di Kecamatan Pulau Sembilan demi menyerap aspirasi warga.

"Setelah dilantik sebagai Camat Pulau Sembilan, tepat tanggal 29 Maret, saya sudah turun memperkenalkan diri kepada warga, alhamdulillah warga merespons baik, dan beberapa aspirasi warga sudah saya kantongi," kata Azhar.



Aspirasi yang dia terima dari warga beberapa di antaranya terkait pengembangan sektor budi daya rumput laut, perikanan, air bersih dan kebutuhan listrik.

Sebelum menjadi camat, Azhar menjabat sebagai Lurah di Balangnipa. Ia menegaskan, menjadi pelayan masyarakat di kecamatan dan kelurahan memiliki perbedaan yang signifikan. Olehnya itu, dia sudah mempersiapkan beberapa inovasi untuk Pulau Sembilan.

"Tentu ada perbedaan, tapi namanya pelayan masyarakat harus mempunyai inovasi. Dan insyaallah, semoga bisa mengukir indah di Pulau Sembilan, seindah alamnya yang Tuhan Karunia kan untuk Kecamatan Pulau Sembilan," ujarnya, Minggu (2/4/2023).

Baca juga: PPNI Sinjai Kolaborasi Polsek Pulau Sembilan Gelar Khitan Massal

"Semoga kolaborasi pemerintah dan warga nantinya dapat memajukan Pulau Sembilan, bebas dari sampah," tambahnya.

Sementara itu Juanda, warga Pulau Sembilan, mengaku senang memiliki pemimpin seperti Azhar, karena menurutnya dia tidak malu duduk bersama. Juanda berharap, Azhar bisa memajukan Pulau Sembilan.

"Senanglah, semoga Pak Camat bisa membuat perubahan di sini (Pulau Sembilan). Apalagi Pak Camat kami yang baru tidak gengsian, Pak Camat berbaur dengan kami saat memasang bibit rumput laut," kata Juanda singkat.



Kecamatan Pulau Sembilan merupakan kecamatan di Kabupaten Sinjai yang terpisah dari daratan Sinjai. Kecamatan ini terletak di laut teluk Bone. Kecamatan termuda di Sinjai ini terdiri dari sembilan pulau dengan total luas wilayah 7,55 km² dengan 4 desa.

Sembilan pulau itu yakni Pulau Burungloe di Desa Buhung Pitue (2,15 km2). Pulau Kambuno dan Pulau Liang-liang di Desa Pulau Harapan (1,75 km2). Pulau Batanglampe, Pulau Kodingare, dan Pulau Larea-rea di Desa Padaelo (1,80 km2). Pulau Kanalo 1, Pulau Kanalo 2, dan Pulau Katindoang di Desa Pulau Persatuan (1,85 km2).

Kecamatan Pulau Sembilan berbatasan langsung dengan Provinsi Sulawesi Tenggara di sebelah Timur.



Selain satu-satunya kecamatan di Kabupaten Sinjai yang berupa kepulauan, Pulau Sembilan merupakan kecamatan terkecil yang memiliki persentase wilayah sebesar 1% dari luas total wilayah Kabupaten Sinjai yaitu 819,96 km².

Kecamatan Pulau Sembilan memiliki iklim panas dengan suhu udara pada siang hari berkisar antara 29.1°C sampai dengan 32,4°C.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru