Buka Musrenbang RKPD, Wali Kota Parepare Tekankan Keberlanjutan Pembangunan

Darwiaty Dalle
Senin, 03 Apr 2023 20:28
Buka Musrenbang RKPD, Wali Kota Parepare Tekankan Keberlanjutan Pembangunan
Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, membuka pelaksanaan Musrembang RKPD Tahun 2024. Foto/Darwiaty Dalle
Comment
Share
PAREPARE - Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare menggelar Musrenbang RKPD dengan mengangkat tema 'Akselerasi Pembangunan Ekonomi Daerah, Pembangunan Manusia Yang Berkualitas dan Peningkatan Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat'.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, dalam sambutannya mengatakan musrenbang merupakan salah satu tahapan dalam penyusunan RKPD Parepare Tahun 2024, yang akan menjadi muara dari seluruh usulan prioritas.



Usulan tersebut disampaikan secara berjenjang dari musrenbang tingkat kelurahan hingga kecamatan. Termasuk musrenbang anak dan perempuan. Taufan pun menekankan keberlanjutan pembangunan dalam pelaksanaan musrenbang RKPD.

"Pelaksanaan musrenbang tetap mempedomani RPJMD, agar arah dan tujuan kita ini betul-betul jelas. Karena peserta musrenbang ini bukan hanya jajaran pemerintah kota, semua stakeholder. Dan ini adalah muara daripada musrenbang-musrenbang sebelumnya," kata Taufan.

Musrenbang RKPD yang dilaksanakan pada tahun ini, jelas Taufan, memiliki makna yang sangat strategis dan spesifik, karena hasil yang akan diperoleh merupakan penjabaran tahun pertama dari Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Parepare Tahun 2024 - 2026.

"Sekaligus membahas perencanaan RKPD yang sudah ada di tingkat SKPD, di sini kita mau matangkan. Hanya saja kita memakai istilah spesifik karena yang mau dipedomani sudah berakhir, yaitu RPJMD," ujarnya.



Taufan berharap, agar dasar pelaksanaan musrenbang ini adanya komitmen untuk melahirkan berbagai langkah solutif, sehingga tetap memperhatikan keberlanjutan pembangunan Parepare.

"Dokumen yang disepakati, tentu harus lahir dari komitmen karena itu jadi pedoman kita nantinya. Jadi kalu kita tidak berkomitmen, tidak beritengritas saya khawatir ini tidak bisa diimplementasikan," tandasnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru