Daftar Pemilih Sementara Kabupaten Bone Capai 593.590 Orang

Justang Muhammad
Minggu, 09 Apr 2023 17:34
Daftar Pemilih Sementara Kabupaten Bone Capai 593.590 Orang
Penyerahan hasil rapat pleno Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Kabupaten Bone. Foto: Istimewa
Comment
Share
BONE - KPU Kabupaten Bone menggelar rapat pleno hasil Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Saat ini mencapai 593.590 pemilih.

Komisioner KPU Bone Divisi Perencanaan Data dan Informasi A Mappaningsong menuturkan DPS tersebut tersebar di 2.268 Tempat Pemungutan Suara (TPS).



"Daftar Pemilih Sementara Bone sebanyak 593. 590 pemilih, yang tersebar di 27 kecamatan dan 372 desa/kelurahan," kata A Mappaningsong.

Dirinya merinci dari 593. 590 pemilih, terdiri dari 284.642 laki-laki, 308.948 perempuan. Ia menyebutkan, data tersebut merupakan hasil dari pencocokan dan penelitian (coklit) oleh anggota Pantarlih.

Kemudian diplenokan melalui tahapan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) oleh PPS secara berjenjang hingga PPK lalu ditetapkan sebagai DPS di tingkat Kabupaten.

Kendati demikian, data tersebut belum bersifat final karena masih ada tahapan menerima masukan dan tanggapan dari masyarakat terkait hasil rapat pleno penetapan DPS.

Sementara itu Komisioner KPU Bone Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia Harmita menambahkan hasil DPS nantinya bakal disebarluaskan ke masyarakat.



"Dengan diumumkan ke masyarakat dengan cara mencetak dan menyebarkan data ke tempat-tempat umum, agar masyarakat bisa mengecek dan memastikan kembali apakah telah terdaftar sebagai pemilih atau belum," katanya.

Sebelumnya, KPU Kabupaten Bone telah melakukan Rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan daftar pemilih sementara (DPS) tingkat Kabupaten di Hotel Novena Watampone, Jalan Ahmad Yani, Kota Watampone, Rabu (5/4/2023).

Rapat pleno yang dibuka langsung oleh Ketua KPU Bone Izharul Haq dihadiri anggota Komisioner KPU Bone. Serta diawasi langsung pimpinan Bawaslu Bone, dan partai politik di Kabupaten Bone.

(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru