Bupati Lutra Sebut PPID Simbol dari Semangat Transparansi

Tim Sindomakassar
Rabu, 12 Apr 2023 16:03
Bupati Lutra Sebut PPID Simbol dari Semangat Transparansi
Bupati Lutra Indah Putri Indriani, saat membuka Rakor PPID Pelaksana dan SP4N-LAPOR!, Senin (10/4/2023) lalu. Foto/Dok Pemkab Lutra
Comment
Share
LUWU UTARA - Pernyataan menarik dilontarkan Bupati Luwu Utara (Lutra), Indah Putri Indriani, di hadapan para PPID Pelaksana lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lutra. Bupati Lutra dua periode ini menegaskan kehadiran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) adalah simbol dari semangat transparansi.

“Berbicara PPID, itu adalah bagian dari upaya pemerintah mendorong semangat transparansi guna mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih,” ucap Indah, saat membuka Rakor PPID Pelaksana dan SP4N-LAPOR!, Senin (10/4/2023) lalu.



Ia mengingatkan bahwa PPID dalam lingkup pemerintah adalah salah satu instrumen penting dalam mewujudkan pemerintahan yang mengedepankan semangat transparansi.

“Dalam konteks pemerintahan, PPID adalah bagian dari tanggung jawab kita di dalam mewujudkan pemerintahan yang baik, salah satunya ada pada aspek transparansi,” terangnya.

Untuk itu, Bupati beralias IDP ini berharap PPID menjadi salah satu bagian atau puzzle terpenting dalam menjaga dan meningkatkan reputasi dan citra positif pemerintah.

“Jangan takut dibilang pencitraan, karena sebenarnya citra itu adalah sesuatu yang baik dan positif. Lalu kenapa kita harus berpikir negatif?,” jelas orang nomor satu di Lutra ini.

Sebenarnya makna pencitraan itu adalah bagian dari strategi pemerintah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dan PPID harus menjadi bagian dari strategi itu.



Menurutnya, PPID adalah pejabat yang bertanggung jawab terhadap pendokumentasian, pemeliharaan, penyediaan, distribusi dan pelayanan informasi pemerintah, sehingga PPID menjadi instrumen penting dalam meningkatkan reputasi pemerintah di mata publik.

“Cara pandang kita ini yang harus diubah. Meski jari kelingking kita yang bekerja, kalau bisa seluruh dunia tahu. Karena ini semua adalah bagian dari laporan kinerja kita,” imbuhnya.

Diketahui bahwa pencitraan adalah sebuah pembuktian kualitas diri yang dilakukan konsisten. Nah, seorang pelayan publik harus bisa membuktikan kualitasnya. Pembuktian ini yang kemudian disebut dengan personal branding.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru