Rektor UMI Jadi Tamu Spesial di Peringatan Hari Jadi Jeneponto ke-160

Tim Sindomakassar
Senin, 01 Mei 2023 21:44
Rektor UMI Jadi Tamu Spesial di Peringatan Hari Jadi Jeneponto ke-160
Prof Basri Modding saat menghadiri puncak peringatan Hari Jadi Jeneponto ke-160, Senin (1/5/2023). Foto: Istimewa
Comment
Share
JENEPONTO - Rektor UMI, Prof Basri Modding menghadiri peringatan puncak Hari Jadi Jeneponto ke-160 di Lapangan Passamaturukang, Senin (1/5/2023). Pada kesempatan itu, Rektor UMI juga membacakan sejarah singkat Kabupaten Jeneponto.

Prof Basri Modding yang juga putra Jeneponto menjadi tamu spesial di acara tersebut. Sebah, ia diundang khusus oleh Bupati untuk membacakan sejarah singkat Kabupaten Jeneponto.

Ia mengawali pembacaan sejarah dengan menyampaikan bahwa kelahiran merupakan suatu proses yang panjang, momentum awal tercatatnya sebuah sejarah bangsa, negara, dan daerah.



"Oleh karena itu, kelahiran memiliki makna yang sangat dalam bagi peradaban manusia. Demikian pula kelahiran Jeneponto sebagai salah satu kabupaten di Sulsel yang ditetapkan tanggal 1 Mei sesuai peraturan daerah Jeneponto Nomor 1 2003 tanggal 25 April 2003," sebut Prof Basri.

Penetapan Hari Jadi Jeneponto membutuhkan waktu cukup panjang dan melibatkan banyak tokoh daerah yang melakukan kajian, mengacu dari berbagai peristiwa penting dan berdasarkan pertimbangan historis, sosiokultural, dan struktur pemerintahan, baik pada masa pra dan pasca Kemerdekaan Indonesia.

Penetapan hari jadi ini juga mengacu pada pertimbangan eksistensi dan norma-norma serta simbol-simbol adat istiadat yang dipegang teguh dan dilestarikan masyarakat, dalam meneruskan pembangunan.



Peringatan Puncak Hari Jadi Kabupaten Jeneponto diawali dengan penampilan 200 orang siswa dari sanggar Gabungan Binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jeneponto.

Sementara itu, Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Gubernur Sulsel atas kehadirannya bersama rombongan. Dalam momen itu, Bupati menguraikan capaian kinerja sebagai bentuk apresiasi terhadap segala pencapaian, seperti, pertumbuhan ekonomi capaian tertinggi di urutan 17.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dalam sambutannya menyapa Rektor UMI sebagai sosok yang memiliki hubungan dan komunikasi yang baik dengan Pemprov Sulsel.



Selanjutnya di sela sambutannya Gubernur juga menyebut Rektor UMI Prof Basri Modding, sebagai salah satu contoh sumber daya, putra daerah terbaik Kabupaten Jeneponto.

Gubernur Sulsel juga dalam kesempatan tersebut menandatangani beberapa prasasti pekerjaan yang telah terlaksana di Tahun 2022 dan memberikan bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Sulsel sebesar Rp10 miliar.

Kehadiran Rektor UMI di Kabupaten Jeneponto didampingi Ketua MT Ukhuwah UMI, Amirah K Basri Modding dan Direktur PPs UMI, Prof Sufirman Rahman yang juga putra daerah Kabupaten Jeneponto.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru