PKB Sulsel Kantongi 136 Bacaleg DPRD Provinsi

Ahmad Muhaimin
Selasa, 02 Mei 2023 23:44
PKB Sulsel Kantongi 136 Bacaleg DPRD Provinsi
Politisi PKB Sulsel, Deng Ical saat diperkanalkan sebagai kader baru. Foto: Sindo Makassar
Comment
Share
MAKASSAR - PKB Sulsel mengantongi sebanyak 136 bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRD Provinsi yang disiapkan maju di Pileg 2024. Total Bacaleg itu sudah termasuk di 11 daerah pemilihan (Dapil).

Ketua Bappilu DPW PKB Sulsel, Syamsu Rizal mengatakan pihaknya sudah melakukan Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) kepada semua Bacaleg. Mulai dari petahana dan pendatang baru.

"Ditutup di angka 136 orang dan tersisa 6 orang akan melakukan susulan. Kita akan lakukan jadwal ulang," kata Deng Ical sapaannya.

Mantan Wakil Wali Kota Makassar ini berterima kasih kepada penelis termasuk dari kalangan aktivis perempuan yang memberikan input terkait bagaimana bacalon memiliki peran untuk pemberdayaan dan peningkatan kapasitas bacaleg khususnya perempuan.



Deng Ical menuturkan UKK ini sebagai tradisi baru dalam pola rekruitmen calon anggota legislatif yang berintegritas dan berkualitas.

"UKK ini mendapat apresiasi dari eksternal. Pasalnya dari kegiatan tersebut bisa mendapatkan calon legislatif yang layak dan mempunyai integritas tinggi," ujarnya.

Sehingga ketika para caleg tersebut jadi anggota legislatif, bisa menjadi aspirator bagi masyarakat di daerah pemilihannya masing-masing.

“Harapannya tentu Partai Kebangkitan Bangsa mendapatkan caleg-caleg berintegritas. Dan betul-betul bisa menjadi aspirator bagi masyarakat di dapilnya masing-masing,” bebernya.

Caleg DPR RI Sulsel 1 ini mengungkapkan proses penjaringan calon legislatif yang dipilih oleh PKB bisa dibilang cukup ketat serta dapat meningkatkan mutu demokrasi. Sehingga, pola penjaringan tersebut juga dapat mempengaruhi kualitas anggota legislator.

Ia menambahkan pelibatan penguji eksternal dalam proses UKK ini menunjukkan bahwa PKB benar-benar sebagai partai yang terbuka.



Setelah UKK Bacaleg DPRD Sulsel, PKB selanjutnya menuntaskan hingga tingkat kabupaten/kota di Sulsel sebelum mengajukannya ke KPU.

"InsyaAllah setelah rampung (UKK) kita jadwalkan daftar ke KPU sekitar tanggal 10 ke atas. Kita harapkan serentak dan ramai-ramai," beber Deng Ical.

Dia mengaku, tingkat partisipasi Bacaleg melebihi 100 persen di tiap dapil, meski ada juga masih menunggu 100 persen di beberapa dapil.

"Cukup banyak sampai lebih 100 persen. Kita yakin saat pendaftaran itu semua sudah selesai," ungkapnya.

PKB Sulsel meraih 8 kursi di DPRD Sulsel periode 2019-2024. Dengan target pemilu 2024 ini, meraih kursi dari 11 dapil.

Ketua DPW PKB Sulsel, Azhar Arsyad menekankan kegiatan ini tidak hanya sekadar prosedural belaka. Ia bilang, tahapan ini juga menjadi pertimbangan partainya dalam menyeleksi Bacaleg.

"Ini jauh lebih penting karena ingin mengelaborasi sejauh mana pemihakan komitmen teman-teman ketika sebelum menjadi anggota DPR dan setelah menjadi anggota DPR. Kami ingin melahirkan bacaleg berkualitas," ungkapnya.

Menurutnya, PKB butuh parameter yang terukur makanya tim panelis yang didatangkan dari berbagai profesi. Ada dari akademisi, NGO, media sosial, NU dan Muhammadiyah.

"Kita betul-betul butuh persepektif yang lumayan lengkap. Sebelum kita menentukan apakah orang ini pantas menjadi representasi, ikut kontestasi pemilu di 2024," jelas anggota DPRD Sulsel itu.

"Pengalaman saya sebagai ketua fraksi, sangat dibutuhkan anggota DPR yang betul-betul paham. Bukan hanya punya visi tapi paham fungsi-fungsi sebagai representasi sebagai legislator," lanjutnya.
(UMI)
Berita Terkait
Politisi PKB Musakkar jadi Sopir Pete-pete ke Pelantikan DPRD Sulsel 2024-2029
Sulsel
Politisi PKB Musakkar jadi Sopir Pete-pete ke Pelantikan DPRD Sulsel 2024-2029
Ada yang menarik saat Caleg terpilih PKB, Musakkar menghadiri pelantikannya sebagai anggota DPRD Sulsel pada Selasa (24/09/2024) pagi tadi. Ia naik angkot atau pete-pete saat menuju ke lokasi pelantikan.
Selasa, 24 Sep 2024 23:16
Gakkumdu Makassar Raih Penghargaan Terbaik Pertama se-Indonesia pada Award 2024
Makassar City
Gakkumdu Makassar Raih Penghargaan Terbaik Pertama se-Indonesia pada Award 2024
Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kota Makassar berhasil meraih penghargaan Kategori Fasilitasi terbaik pertama pada kegiatan Gakkumdu Award 2024 yang dilaksanakan oleh Bawaslu RI di Ancol Beach City International Stadium pada Kamis (19/09/2024).
Kamis, 19 Sep 2024 23:31
Bawaslu Soppeng Terima Penghargaan Kategori Inovasi Terbaik Penegakan Hukum Terpadu Pemilu
Sulsel
Bawaslu Soppeng Terima Penghargaan Kategori Inovasi Terbaik Penegakan Hukum Terpadu Pemilu
Bawaslu Soppeng berhasil meraih peringkat ketiga dalam kategori Inovasi Terbaik Penegakan Hukum Terpadu Pemilu pada ajang Gakkumdu Award 2024.
Kamis, 19 Sep 2024 21:56
298 Anggota Legislatif Terpilih PKB Asal Sulsel hingga Papua Ikuti SPP di Malino
Sulsel
298 Anggota Legislatif Terpilih PKB Asal Sulsel hingga Papua Ikuti SPP di Malino
Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggelar Sekolah Pemimpin Perubahan (SPP) untuk zona VII yang berpusat di Batulapisi, Malino, Kabupaten Gowa dimulai 19 - 21 September 2024.
Kamis, 19 Sep 2024 18:35
PKB Tetapkan 6 Nama Pimpinan DPRD Sulsel dan Kabupaten/kota
Sulsel
PKB Tetapkan 6 Nama Pimpinan DPRD Sulsel dan Kabupaten/kota
PKB menetapkan enam nama pimpinan DPRD Sulsel dan kabupaten/kota periode 2024-2029. Mereka yang terpilih melalui berbagai pertimbangan internal partai.
Rabu, 04 Sep 2024 17:41
Berita Terbaru