Institut Ilmu Sosial dan Bisnis Andi Sapada Kembali Lolos Akreditasi BAN-PT

Darwiaty Dalle
Minggu, 07 Mei 2023 17:35
Institut Ilmu Sosial dan Bisnis Andi Sapada Kembali Lolos Akreditasi BAN-PT
Suasana penyerahan SK pembukaan Prodi S2 Manajemen oleh LLDIKTI Wilayah IX Sultanbatara, beberapa waktu yang lalu. Foto: SINDO Makassar/Darwiaty Dalle
Comment
Share
PAREPARE - Institut Ilmu Sosial dan Bisnis Andi Sapada (IAS) Kota Parepare kembali lolos Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (PEPA) yang dilakukan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT Nomor: 1731/BAN-PT/PMT1/2023 perihal Hasil Penghitungan ke-1 Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi.

Rektor IAS Parepare, Bakhtiar Tijjang mengaku bersyukur atas diraihnya perpanjangan akreditasi yang sebelumnya juga berhasil diraih institut yang dipimpinnya.



“Perpanjangan akreditasi ini, kami peroleh secara otomatis untuk lima tahun ke depan, tanpa harus melalui divisitasi lagi," katanya.

Diraihnya perpanjangan akreditasi, jelas Bakhtiar, merupakan prestasi yang luar biasa. Sebab, perpanjangan akreditasi secara otomatis ini, merupakan sesuatu yang jarang diperoleh sebuah kampus.

Keberhasilan tersebut, kata Bakhtiar tak lepas dari peran para dosen yang berkomitmen dan konsisten melaksanan Tridarma Perguruan Tinggi. Termasuk tim kerja Badan Penjamin Mutu (BPM), dan Lembaga Penilitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) yang bekerja keras, serta mendedikasikan segala potensinya terhadap kemajuan IAS Parepare.



Sekadar diketahui, sesuai Peraturan BAN PT Nomor 1 Tahun 2022 pasal 3, Dewan Eksekutif BAN PT telah melakukan pemantauan Peringkat Akreditasi terhadap IAS.

Berdasarkan data PDDIKTI, BAN-PT telah melakukan penghitungan ke-1 atas Penilaian Pemantauan dengan hasil dinyatakan Lolos Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi. Surat Keputusan tersebut diterbitkan tanggal 3 Mei 2023 yang ditandatangi oleh Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT Prof Ari Purbayanto.

Selain itu, IAS Parepare juga mendapatkan SK Pembukaan Program Studi (Prodi) S2 Manajemen yang diserahkan Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sultanbatara, DR Andi Lukman, pada Ketua Dewan Pembina Yayasan Perguruan AMSIR, Dr Achmad Faisal Andi Sapada.



Faisal mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sultanbatara, yang telah hadir dalam menyerahkan SK Pembukaan Prodi S2 Manajemen.

Sementara, Andi Lukman mengatakan, IAS berhasil membuktikan yang tadinya sudah dibuka Prodi Hukum, dan berikutnya berhasil dibuka lagi S2 Manajemen.

"Setiap magister harus ada 5 doktor, berarti total 10 doktor dan mencetak doktor itu tidaklah mudah," terangnya.



Lukman memamparkan, kebersamaan jajaran IAS dalam mengembangkan kampus, terjalin komitmen dengan baik, dan hal itu sangat dibutuhkan oleh kampus. Hal itu juga, kata dia, yang dilakukan oleh kampus IAS.

Lukman menambahkan, tugas kampus sekarang tidak hanya meluluskan, tapi juga meloloskan alumni di dunia kerja, dan salah satu hal penting yang dilakukan oleh kampus yaitu menjalin kerja sama dengan industri-industri yang ada.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru