Inovasi Upa'ma' Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Bawa Anak ke Posyandu

Herni Amir
Rabu, 10 Mei 2023 12:43
Inovasi Upa'ma' Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Bawa Anak ke Posyandu
Tim Supervisi, Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan TP PKK Gowa saat berada di Kacamatan Pallangga. Foto: SINDO Makassar/Herni Amir
Comment
Share
GOWA - Tim Penggerak PKK Kecamatan Pallangga menghadirkan inovasi Upa'ma atau Upaya Pemberdayaan Masyarakat Menuju Kemandirian Posyandu. Inovasi ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat membawa anak ke posyandu.

Inovasi ini lahir dari munculnya kekhawatiran jumlah kunjungan bayi dan Balita ke Posyandu tidak sesuai harapan.

"Tujuan inovasi Upa'ma' ini agar kita bisa mengontrol tumbuh kembang anak, dan mendorong partisipasi masyarakat ikut berperan serta," ungkap anggota Pokja IV TP PKK Kecamatan Pallangga, Irianty baru-baru ini.



Salah satunya dengan inisiatif menyumbang beberapa kebutuhan anak seperti mainan sehingga merangsang anak datang ke Posyandu. Selain itu, bantuan-bantuan berupa perbaikan sarana dan prasarana Posyandu lain, sampai hibah tanah pembangunan Posyandu.

Kata Irianty, dengan inovasi Upa'ma' ini masyarakat kian bersemangat setiap kali mengunjungi Posyandu.

"Saya kira ini gambaran dari inovasi Upa'ma' dan mudah-mudahan inovasi ini bisa kita lanjutkan di semua Posyandu dan desa lainnya di wilayah Kecamatan Pallangga," harapnya.



Sementara itu, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Mussadiyah Rauf berharap, dengan inovasi Upa'ma' ini para sasaran Posyandu yakni bayi dan balita bisa terus meningkat di Kecamatan Pallangga.

"Kami tentu berharap keseriusan PKK Pallangga menjalankan inovasi Upa'ma' ini bisa meningkatkan jumlah kunjungan sasaran ke Posyandu, hingga nantinya Posyandu menjadi hal yang menyenangkan bagi anak-anak kita," kata Mussadiyah.

Lebih dari itu, inovasi Upa'ma' diharapkan mampu menyadarkan masyarakat bahwa pentingnya saling peduli dan gotong royong meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui Posyandu.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru