Pembangunan Pasar Turikale Maros Masuk Tahap Dua

Najmi S Limonu
Kamis, 18 Mei 2023 16:28
Pembangunan Pasar Turikale Maros Masuk Tahap Dua
Pembangunan Pasar Sentral Turikale Maros memasuki babak baru. Saat ini pembangunannya telah memasuki tahap ke kedua. Dok/Sindomakassar
Comment
Share
MAROS - Pembangunan Pasar Sentral Turikale Maros memasuki babak baru. Saat ini pembangunannya telah memasuki tahap ke kedua.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan (Kopumdag) Maros, Towadeng menuturkan, untuk pembangunan tahap kedua ini pihaknya mendapat anggaran sebesar Rp3 miliar.



"Tahun lalu ini kami mendapat anggaran sebesar Rp4 miliar untuk pembangunan lapak basah. Sedangkan tahun ini ada Rp3 miliar untuk pembangunan metode los dan kios," jelasnya.

Namun setelah pihaknya menghitung jumlah pedagang secara keseluruhan, rupanya pasar Sentra Turikale ini belum bisa menampung seluruh pedagang.

Saat ini jumlah pedagang yang terdata sebanyak 500. Sementara Pasar Sentral Turikale hanya mampu menampung sekitar 300-an pedagang.

“Memang sudah dikalkulasi, dan jumlah pedagang yang terdata, belum mampu menampung secara keseluruhan,” ujarnya.

Makanya kata mantan Sekwan ini, Bupati mengarahkan untuk dibuatkan metode lain. Karena itu, Kopumdag menyiapkan tempat untuk pedagang di area parkir, akan ada tenda pedagang nantinya.



Dia menyebutkan, pembangunan pasar sentral Turikale ini masih ada beberapa tahap. "Masih ada tahap lanjutan, meskipun belum ada petunjuk langsung dari mendagri," ucapnya.

Pihaknya mengajukan anggaran sebesar Rp47 miliar untuk pembangunan Pasar Sentral Turikale. "Karena kemarin itu anggaran yang diajukan Rp47 miliar. Namun yang diberikan itu hanya yang ada sekarang, makanya kami akan menggunakan metode interpensi APBD,” ujarnya.

Dia merinci saat ini sudah ada 105 kios dan los telah dibangun. Sementara untuk tahap kedua ada 80 kios yang akan dibangun.

“Berarti sudah 180 yang tertampung. Sisanya metode penyiapam area parkir tenda pedagang,” tutupnya.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru