Disnaker Ingatkan Perusahaan di Luwu Utamakan Tenaga Kerja Lokal

Chaeruddin
Minggu, 21 Mei 2023 23:21
Disnaker Ingatkan Perusahaan di Luwu Utamakan Tenaga Kerja Lokal
FOTO : Pembangunan smelter PT BMS mendekati operasi. Keberadaan perusahaan Kalla Group ini telah menyerap ratusan warga lokal. Foto: Chaeruddin
Comment
Share
LUWU - Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Luwu, kembali mengingatkan komitmen perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Luwu agar mengutamakan penerimaan tenaga kerja lokal.

Kepala Disnaker Kabupaten Luwu, Syaiful Abdul Latief, mengingatkan komitmen antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu dengan seluruh perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Luwu memberikan kuota 70 persen tenaga kerja lokal.



"Komitmen ini sudah disetujui seluruh perusahaan di Luwu, termasuk perusahaan tambang emas PT Masmindo dan perusahaan smelter PT BMS. Komiteman ini untuk seluruh posisi di perusahaan," ujarnya.

"Perusahaan wajib memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi warga lokal untuk bekerja di perusahaan tersebut di seluruh posisi yang memenuhi kualifikasi mereka. Jika tidak ada warga lokal yang memenuhi kualifikasi, barulah perusahaan boleh memberikan peluang ke pelamar di luar Kabupaten Luwu," lanjutnya.

Disampaikan Syaiful Abdul Latief, di sejumlah pertemuan dengan beberapa pimpinan perusahaan, Bupati Luwu, Basmin Mattayang,selalu menekankan penerimaan tenaga kerja lokal. Diketahui, PT Masmindo dan PT BMS saat ini tengah membuka sejumlah lowongan pekerjaan dengan kualifikasi skil dan jenjang pendidikan sarjana.

PT BMS membuka lowongan pekerjaan, OHS Superintendent System and Compliance (Assignment : Site Based), Finance and Accounting Coordinator (Based : Site Awak Mas), Media and Communication Coordinator (Penempatan Belopa dan Rante Balla, Kabupaten Luwu).

Empat lowonga kerja PT BMS (Kalla Group), Senior Control Instrument Enginering, Senior Mechanical Engineering, Senior Electrical Engineer, dan Senior Process Engineer.



Dalam pengumuman penerimaan oleh PT Masmindo dan PT BMS, diharapkan mencantumkan syarat mengutamakan warga lokal, sebagai bentuk keseriusan dan komitmen pihak perusahaan akan pemberdayaan warga lokal.

Manager External Relations PT Masmindo, Yudhi Purwandi, menyampaikan pihaknya sangat membuka peluang seluas-luasnya kepada putra daerah untuk bergabung dengan PT Masmindo.

"Yang penting sesuai dengan spesifikasinya. Karena yang dicari itu harus punya pengalaman di pertambangan. Kita membuka peluang selebar-lebarnya untuk putra daerah, itu pula menjadi komitmen kami," tuturnya.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru