Basmin Angkat Isu Sampah Plastik saat Hari Lingkungan Hidup

Chaeruddin
Senin, 05 Jun 2023 23:08
Basmin Angkat Isu Sampah Plastik saat Hari Lingkungan Hidup
Basmin Mattayang mengawali gerakan penghijauan serentak se-Kabupaten Luwu dengan menanam pohon ketapang kencana dan pucuk merah di halaman Kantor Bupati Luwu. Foto: Chaerudin
Comment
Share
LUWU - Bupati Luwu Basmi Mattayang mengangkat isu sampah plastik saat memperingati Hari Lingkungan Hidup. Bahkan menurutnya masyarakat harus sadar ancaman sampah plastik ini.

"Sampah plastik harus mendapat perhatian serius. Ini menjadi ancaman serius terhadap kelestarian alam utamanya laut dan kelangsungan hidup biota laut," ujarnya.



Basmin Mattayang, mengajak seluruh stakeholder senantiasa mengurangi penggunaan plastik dan menerapkan pendekatan 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle). Di Peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun ini, Basmin Mattayang mengawali gerakan penghijauan serentak se-Kabupaten Luwu dengan menanam pohon ketapang kencana dan pucuk merah di halaman Kantor Bupati Luwu, Senin (05/06/2023).

Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini Solusi untuk Polusi Plastik (Solutions to Plastic Pollution) dengan mengusung kampanye #beatplasticpollution.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Luwu, Enrika Nurtalib, menjelaskan sejumlah kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup.

"Kita ada aksi bersih lingkungan serentak semua OPD, Sekolah, Kantor Kecamatan, Kelurahan dan Desa yang tersebar di Kabupaten Luwu," sebutnya.

"Termasuk melakukan edukasi program Kampung Iklim di wilayah pedesaan," lanjut mantan Kabag Pemerintahan Kabupaten Luwu ini.



Sejumlah pihak berharap, di momen Hari Lingkungan Hidup tahun ini, Dinas Lingkungan Hidup, berkomitmen, bisa mempersembahkan Pilada Adipura untuk Kabupaten Luwu, minimal piagam penghargaan lingkungan.

Bukan hanya itu, Pemkab Luwu juga didorong menyiapkan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di luar Kota Belopa.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru