Sekda Kamsina Kenalkan Sejarah Gowa ke Tamu Asal Lampung

Herni Amir
Kamis, 16 Feb 2023 13:12
Sekda Kamsina Kenalkan Sejarah Gowa ke Tamu Asal Lampung
Suasana rombongan asal Lampung saat berada di Balla Lompoa, Rabu (16/2/2023). Foto/Istimewa
Comment
Share
GOWA - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, Kamsina memperkenalkan sejumlah tempat wisata religi dan sejarah yang ada di Kabupaten Gowa kepada tamu yang berasal dari Provinsi Lampung.

"Kami memiliki beberapa makam Raja-raja Gowa, bagi yang ingin berwisata sejarah, bisa berkunjung ke sana, ada makam Sultan Hasanuddin dan juga Makam Syekh Yusuf Al Makasari," ujarnya kepada rombongan dari Kabupaten Pesawaran Lampung di Museum Istana Balla Lompoa, Rabu (15/2/2023).

Dalam kesempatan itu, Kamsina juga menjelaskan jika Istana Balla Lompoa merupakan saksi sejarah kejadian di masa lampau. Balla Lompoa kata Kamsina berarti rumah besar atau rumah kebesaran yang ditinggali oleh raja.

Baca juga: Disdik Gowa Gagas Program Jaminan Kesehatan bagi Siswa

"Bangunan Istana ini merupakan replika khas. Pertama dibangun tahun 1936 oleh Raja Gowa XXXV I Mangimangi Daeng Matutu, Karaeng Bontonompo. Balla Lompoa ini berbentuk rumah panggung yang merupakan refleksi dari rumah adat pada masa Kerajaan Gowa," ucapnya.

Kamsina yakin, perjalanan dari Pesawaran ke Kabupaten Gowa yang memakan waktu cukup lama, akan terbayarkan dengan berbagai suguhan wisata yang ada di Kabupaten Gowa.

Kemudian, Sekda Gowa juga memperkenalkan Malino, di mana Pemkab Gowa memiliki Event Beautiful Malino yang telah masuk dalam kalender Kharisma Event Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Tahun 2023.

Baca juga: Taruna Ikrar Dikukuhkan jadi Guru Besar di Universitas Malahayati Lampung

"Event Beautiful Malino baru-baru ini berhasil masuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara yang akan dilaksanakan oleh Kemenparekraf di tahun 2023 ini," ujarnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran, Nanda Indira Dendi menyampaikan terima kasih atas penyambutan yang luar biasa selama dua hari berkunjung ke Kabupaten Gowa.

Kata Nanda, berkunjung ke Istana Balla Lompoa hingga mengenal lebih jauh tentang tempat bersejarah di Kabupaten Gowa menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Baca juga: Ditresnarkoba Polda Sulsel Dikabarkan Gerebek Ladang Ganja di Bone

"Ini menjadi pengalaman tak terlupakan buat kami semua dari Kabupaten Pesawaran. Kami juga menanti kedatangan tamu dari Kabupaten Gowa ke tempat kami," pungkasnya.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru