Bupati Harap Presiden RI Resmikan Pembangunan Jaringan Bendung Baliase

fitra budin
Sabtu, 18 Feb 2023 16:01
Bupati Harap Presiden RI Resmikan Pembangunan Jaringan Bendung Baliase
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mendampingi anggota Komisi V DPR RI di Bendung Baliase, Jumat (17/2/2023). Foto/Istimewa
Comment
Share
LUWU UTARA - Pembangunan lanjutan Bendung Baliase hampir selesai. Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani berharap Presiden Joko Widodo dapat meresmikan bendung yang nantinya akan mengairi 21.000 Ha areal persawahan ini.

Harapan tersebut disampaikan oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat mendampingi kunjungan kerja (kunker) sejumlah anggota DPR RI Komisi V ke lokasi Bendung Baliase, Jumat (17/2/2023).

“Tentu kita sangat berharap Bapak Presiden Jokowi dapat meresmikan Bendung Baliase ini,” harap Indah.

Untuk diketahui pembangunan Bendung Baliase telah selesai pada 2018 lalu. Saat ini tengah dilakukan pembangunan lanjutan berupa perluasan cakupan jaringan irigasi.

Baca juga: Hasil Panen Padi di Bone-Bone Luwu Utara Meningkat

Di mana sejak 2016 lalu hingga saat ini, melalui Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWSPJ) tengah dibangun tiga dari empat target jaringan irigasi.

“Total area irigasi yang akan dilayani Bendung Baliase adalah seluas 21.000 hektar. Saat ini progres jaringannya sudah 77% dan untuk tahun ini akan ditambah lagi dengan pembangunan jaringan irigasi DI Baliase bagian kanan 3,” jelas Kepala BBWSPJ, Djaya Soekarno.

Sementara itu, terkait dengan status pengadaan tanah terhadap konstruksi jaringan irigasi yang sedang dalam pelaksanaan, ia melaporkan bahwa akan segera selesai.

Djaya menyebutkan, untuk jaringan irigasi di Baliase bagian kiri seluas 135,97 Ha telah bebas, sehingga tersisa 3,35 Ha yang belum bebas. Kemudian untuk jaringan irigasi di Baliase bagian kanan 1 telah bebas 105,31 Ha dan tersisa 2,25 Ha belum bebas. Sedangkan untuk jaringan irigasi DI Baliase bagian kanan 2, seluas 74,7 Ha telah bebas dan tersisa 8,75 Ha belum bebas.

Baca juga: Kebut Penurunan Stunting, Pemerintah Kecamatan-Desa di Lutra Diminta Aktif Edukasi Warga

“Dengan dukungan dari Pemda Luwu Utara, terutama Ibu Bupati, pembebasan tanah hingga saat ini, alhamdulillah berjalan lancar. Terima kasih, Ibu Bupati sudah mengomunikasikannya dengan ketua pengadilan negeri, sehingga kemarin sudah bisa dieksekusi. Beberapa spot yang belum bebas, saat ini sudah dalam tahap konsiliasi,” ujar Djaya.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru