Meriah HUT Kemerdekaan RI di Kabupaten Luwu, Ada Lomba Gerak Jalan Indah

Chaeruddin
Kamis, 17 Agu 2023 21:55
Meriah HUT Kemerdekaan RI di Kabupaten Luwu, Ada Lomba Gerak Jalan Indah
Gerak Jalan Indah meriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 di Kota Belopa. Foto: Chaeruddin
Comment
Share
LUWU - Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun di Kota Belopa Kabupaten Luwu, berlangsung meriah, tertib dan aman.

Meski dilakukan penutupan jalan serta pengalihan arus lalu lintas, rangkaian HUT RI di Belopa berlangsung ramai tanpa menghambat arus lalu lintas.

Lomba Gerak Jalan Indah, menjadi kegiatan yang menyita perhatian masyarakat. Tidak hanya di tingkat kabupaten, gerak jaan indah, juga dilaksanakan hampir seluruh, 22 kecamatan di Kabupaten Luwu.

Khusus di tingkat kabupaten, gerak jaan indah diikuti tidak kurang sepuluh ribu peserta dilaksanakan selama dua hari. Peserta hari pertama murid TK dan SD, pelajar SMP dan Siswa SMA. kegiatan pertama di hari pertama berlangsung hingga malam hari.



Hari kedua, diikuti pelajar SMA, organisasi, BUMN dan BUMD,. Tim Penggerak PKK tingkat kecamatan, kecamatan, kelurahan dan desa serta para OPD.

Panitia lomba, mewajibkan seluruh pimpinan OPD, camat, lurah, desa dan kepala badan serta kepala dinas, ikut serta dan menjadi pemimpin gerak jalan.

Bupati Luwu, H Basmin Mattayang, mengapresiasi tekad dan semangat para murid, pelajar, siswa serta Tim Penggerak PKK termasuk jajarannya pejabat ASN Lingkup Pemkab Luwu, yang ikut berpartisipasi meriahkan HUT RI ke-78 tahun 2023.

"Ini adalah peringatan HUT RI terakhir di periode kedua masa kepemimpinan saya. Terimakasih banyak kepada seluruh peserta Gerak Jalan Indah serta masyarakat yang melaksanakan pelbagai kegiatan memeriahkan HUT RI tahun ini," ujarnya.

"Memperingati HUT RI tidak hanya kita merasa gembira akan manisnya sebuah kemerdekaan. Kita wajib mengenang jasa para pahlawan, kita wajib merenunginya dan berbuat, bekerja, membangun negeri ini guna mengisi kemerdekaan yang telah dipersembahkan para orang tua kita terdahulu," lanjutnya.



Basmin Mattayang, semangat dan kecintaan Tanah Air, tetap terpatri di hati sanubari penerus bangsa. Sebagai bangsa yang besar, kaya akan sumber daya alam, dirinya mendorong seluruh pemuda sebagai generasi penerus agar menyiapkan skil, kemampuan dan keterampilan.

"Jika SDM pemuda kita lemah, pribumi kedepan akan jadi penonton di negeri sendiri. Negeri ini kaya akan SDA, jika pemuda kita tidak memiliki skil, keterampilan, SDM yang mumpuni, sudah dipastikan anak cucu kita akan jadi penonton dan menjadi pekerja rendahan di masa depan," sebutnya.

Selain menjadi tanggung jawab pemerintah, Bupati Luwu, mendorong para pemuda di Luwu mengambil inisiatif sendiri untuk melihat peluang bisnis dan dunia usaha yang menjadi idola di masa depan termasuk mengasah keterampilan baik di lembaga pendidikan formal maupun non formal.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru