Di Akhir Masa Jabatan Bupati, Sejumlah OPD Tak Ikut Gerak Jalan HUT RI

Chaeruddin
Rabu, 16 Agu 2023 22:02
Di Akhir Masa Jabatan Bupati, Sejumlah OPD Tak Ikut Gerak Jalan HUT RI
Peserta gerak jalan HUT RI di Luwu. Foto: Chaeruddin
Comment
Share
MAKASSAR - Gerak jalan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-78 di Kabupaten Luwu berlangsung meriah.

Pesertanya mencapai ribuan orang, berasal dari OPD Lingkup Kabupaten Luwu, Dinas, Badan, Kecamatan, Kelurahan dan Desa, organisasi dan siswa SMA se-Kabupaten.

Panitia pelaksana yang dibentuk oleh Pemkab Luwu, telah menyurat ke seluruh instansi BUMN, Swasta, sekolah utamanya OPD Lingkup Pemkab Luwu, agar berpartisipasi mengikuti sejumlah kegiatan rangkaian HUT RI ke-78 yang dipusatkan di Kota Belopa.

Hanya saja, dari sejumlah OPD Lingkup Pemkab Luwu, tercatat beberapa OPD justeru tidak mengikuti Gerak Jalan Indah, rangkaian peringatan HUT RI tahun ini, yang juga terakhir dirayakan di masa pemerintahan Bupati Luwu, H Basmin Mattayang.



Informasi yang dihimpun, Dinas Perikanan dan Kesbangpol dan Linmas, tidak mengikuti kegiatan tersebut dengan alasan ketidakmampuan dan keterbatasan.

"Alasan ketidakmampuan dan keterbatasan. Dana sebenarnya bisa kami teknisi, namun keterbatasan personil ini yang tidak bisa. Jumlah kami di Dinas Perikanan 40 orang, jika kami paksakan ikut gerak jalan 30 orang tentu akan mengganggu pelayanan kami ke masyarakat," jelas Kadis Perikanan, Baharuddin.

"Kami tidak punya tenaga, hanya 40 orang, kalau kami mau ikutkan latihan terganggu pelayanan, tidak seperti SKPD lain, banyak tenaga honorernya," lanjutnya.

Sebutkan sejumlah pelayanan di Dinas Perikanan yang harus menjadi prioritas diantaranya, pelayanan rekomendasi BBM untuk nelayan, pengawalan progres pekerjaan fisik yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). "Progres DAK kami genjot, karena dalam periode tertentu harus ada progresnya, faktor itu semua kami pertimbangkan sampai kami tidak ikut, tidak ada niat dan alasan lain," kuncinya.



Dari pantun, banyaknya peserta dengan panjangnya rute hingga 3 kilometer menyebabkan para peserta kecapaian, terlebih masyarakat yang menonton tumpah ruah di jalan.

Akibatnya, puluhan peserta gerak jalan indah pingsan. Mereka diantaranya terpaksa diberikan bantuan pernapasan menggunakan tabung oksigen. Meski demikian, peserta dan masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

"Alhamdulillah, peringatan HUT RI tahun ini sangat meriah, kami masyarakat sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Pemkab Luwu dan para peserta," ujar Hasnah, warga Luwu.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru