Komunitas Anak Sungai Rammang Rammang Berpartisipasi di Jambore Nusantara

Najmi S Limonu
Minggu, 20 Agu 2023 18:25
Komunitas Anak Sungai Rammang Rammang Berpartisipasi di Jambore Nusantara
Komunitas Anak Sungai Rammang Rammang. Foto: Istimewa
Comment
Share
BALI - Komunitas Anak Sungai Rammang Rammang memiliki kehormatan menjadi perwakilan dari Sulsel dalam acara Jambore Nusantara ketiga dan SEA Regional Youth Summit 2023.

Acara yang diadakan di Desa Adat Tamblingan, Kabupaten Buleleng, Bali ini mengumpulkan pemuda dan pemudi dari masyarakat adat dan komunitas lokal dari seluruh Asia Tenggara.

Pertemuan ini bertujuan untuk memberikan ruang generasi muda dalam berbagi cerita, praktik baik, dan pengalaman dalam menghadapi ancaman perubahan iklim dan kerusakan lingkungan di wilayah tempat tinggal mereka.

Dalam acara ini, peserta juga akan memberikan contoh inspiratif melalui inovasi yang telah mereka lakukan dalam menjaga lingkungan, seperti pengelolaan sampah, perlindungan sumber mata air, pertanian berkelanjutan, serta perlindungan hutan dan pesisir laut.



"Kami merasa sangat bangga menjadi bagian dari acara ini dan menjadi perwakilan dari Sulawesi Selatan. Kami berharap dapat berbagi pengalaman kami dalam menjaga lingkungan dan memberikan inspirasi kepada komunitas lain," ujar Founder Anak Sungai Rammang Rammang, Iwan Dento.

Dia menuturkan, acara ini akan melibatkan berbagai metode seperti brain storming, storytelling, focus group discussion, dialog, kunjungan belajar, dan world café. Meskipun acara ini akan diselenggarakan secara offline, ada kemungkinan pertemuan online akan diadakan jika diperlukan.

Sementara itu, Peserta acara ini adalah pemuda dan pemudi berusia 18-35 tahun yang berasal dari masyarakat adat dan komunitas lokal.

"Mereka memiliki pengalaman dalam memimpin kelompok atau komunitasnya terutama dalam kegiatan terkait pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan," jelasnya.



Setelah acara selesai, para peserta diharapkan akan kembali ke komunitas masing-masing dan membagikan pengalaman serta informasi yang diperoleh selama pertemuan ini.

Komunitas Anak Sungai Rammang Rammang menjadi satu-satunya perwakilan dari Sulawesi Selatan dalam acara ini.

Hal ini menunjukkan perhatian dan dedikasi mereka terhadap upaya pelestarian lingkungan dan pengelolaan sumberdaya alam. Melalui partisipasi mereka dalam Jambore Nusantara dan SEA Regional Youth Summit 2023, mereka berharap dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya dalam menjaga bumi.
(MAN)
Berita Terbaru