15 Pejabat Luwu Ikut Lelang Jabatan Kadis

Chaeruddin
Jum'at, 01 Sep 2023 14:10
15 Pejabat Luwu Ikut Lelang Jabatan Kadis
15 pejabat Pemkab Luwu mengikuti lelang jabatan pimpinan tinggi pratama. Foto: Chaeruddin/Sindo Makassar
Comment
Share
LUWU - Sebanyak 15 pejabat Lingkup Pemerintah (Pemkab) Luwu mengikuti seleksi terbuka atau lelang Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP).

Seleksi terbuka ini dilaksanakan Badan Kepegawaian Dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemkab Luwu bekerjasama BKD Provinsi Sulawesi Selatan.

Sesuai jadwal, seleksi JPTP ini dilaksanakan selama 3 hari hingga 2 September mendatang di kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Kamis (31/8).

Hari pertama, 15 peserta ini mengikuti assessment berupa phisico test dan Leadership Group Discussion (LGD).

Rencana hari kedua, peserta akan diuji dengan penulisan makalah dan penilaian rekam jejak. Dan hari ketiga akan diberikan tes wawancara oleh 5 pansel dari kalangan internal, akademisi dan kalangan Profesional.



Diketahui, ada 4 Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang dilelang Pemkab Luwu tahun ini, Jabatan Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP), dan Kepala Dinas Pertanahan, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A), serta Jabatan Kepala Dinas Perdagangan.

"Dasar pelaksanaan seleksi JPT ini, UU nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara. PP nomor 11 tahun 2017 sebagaimana telah diubah dengan peraturan pemerintah nomor 17 tahun 2020 tentang manajemen aparatur sipil negara," ujar Kepala BKPSDM Luwu, Andi Muhammad Ahkam Basmin.

"Peraturan menteri pendayagunaan aparatur sipil negara nomor 15 tahun 2019 tentang tata cara pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama secara terbuka dan kompetitif di lingkungan instansi pemerintah," tambahnya.

Disebutkan Ahkam, juga menjadi dasar yakni surat edaran menteri pendayagunaan aparatur dan reformasi birokrasi nomor 52 tahun 2020 tentang pedoman pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka dalam kondisi darurat kesehatan (covid 19). Dan keputusan bupati luwu nomor 821.20/022.2/BKPSDM/tahun 2023 tanggal 09 Januari 2023 tentang pembentukan panitia seleksi terbuka (SELTER) jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan pemerintah Kabupaten Luwu tahun 2023.



"Tujuan pelaksanaan seleksi terbuka JPT Pratama di lingkup pemerintah kabupaten luwu dilaksanakan untuk mengisi jabatan pimpinan tinggi pratama yang lowong serta yang pejabatnya sudah masuk usia pensiun," ungkapnya.

Ahkam berharap kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan sungguh-sungguh sehingga mendapatkan nilai maksimal.

Untuk diketahui, Nilai dari hasil seleksi ini akan menjadi dasar pertimbangan Bupati dalam menetapkan pejabat yang akan menduduki kursi kosong tersebut.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala BKPSDM Luwu, Andi Muhammad Ahkam Basmin, dan dihadiri Perwakilan BKD Provinsi Sulawesi Selatan, Emma, dan Kepala Bidang Mutasi BKPSDM Kabupaten Luwu, Abd. Rachmat Fajri.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru