Geopark Half Marathon 2023 Eksplorasi Keindahan Karst Maros

Najmi S Limonu
Selasa, 21 Feb 2023 15:24
Geopark Half Marathon 2023 Eksplorasi Keindahan Karst Maros
Sejumlah komunitas lari dan penyelenggaran Geopark Half Marathon 2023 foto bersama usai jumpa pers dan sharing session, di Gedung Mulo, Selasa, (21/02/2023). Foto: Sindo Makassar/Najmi S Limonu
Comment
Share
MAKASSAR - Para pencinta olahraga lari di seluruh tanah air akan kembali dimanjakan dengan ajang Geopark Half Marathon 2023. Event ini akan mengeksporasi keindahan karst di Kabupaten Maros.

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga (Disparpora) Maros Muh Ferdiansyah mengatakan, Geopark Half Marathon merupakan ajang tahunan dan tahun ini kembali digelar pada 25 Juli 2023 mendatang dengan target akan diikuti 3.000 peserta.



"Ini adalah event yang ditunggu-tunggu oleh para pelari dari berbagai daerah,” katanya saat melakukan jumpa pers dan sharing session di Gedung Mulo, Selasa (21/2/2023).

Dia juga mengajak para pelari untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini sekaligus berwisata di kawasan geopark Maros- Pangkep. Menariknya kata dia, karena nantinya peserta akan didaftarkan asuransi.

“Semua peserta akan dapat asuransi sampai satu bulan setelah acara,” tutupnya.

General Manager Badan Pengelola Geopark Maros Pangkep Dedy Irfan mengatakan, para runners akan berlari di kawasan site karst terbesar kedua di dunia.

"Pelari akan menikmati keindahan landscape kawasan karst yang luar biasa ini. Ditambah dengan penemuan lukisan dinding tertua di dunia ada di Maros-Pangkep. Hal itu yang menggeser peradaban Eropa dan Prancis,” jelasnya.

Selain promosi Geopark, event ini kata Dedy juga akan membantu perekonomian masyarakat. "Masyakat bisa berjualan disepanjang rute. Agar bisa membantu perekonomian masyarakat,” tuturnya.



Bahkan pihaknya pun berjanji dalam pelaksanaan ini tidak ada sampah yang akan disisakan.

Ketua Panitia Geopark Half Marathon 2023 Alfi Syahriana mengatakan, panitia optimistis dengan target 3.000 peserta ini akan terpenuhi. Angka tersebut jauh lebih banyak jika dibanding tahun lalu.

“Saat ini pendaftar juga sudah mencapai 50 persen dari jumlah yang kami target. Padahal kami baru membuka secara online dan kolektif untuk runner," ucapnya.

Sekedar diketahui. pendaftaran peserta Geopark Half Marathon 2023 sudah mulai dibuka sejak 19 Februari lalu. Bahkan pemula dan profesional pun bisa ikut dalam event ini. Sebab ada 3 yang dibuka yaitu 5K, 10K dan 21K.



Kemudian akan ada lima pemenang dalam kategori master. Dan bagi runners yang berumur 45 tahun ke atas bisa bersaing dikategori tersebut.

“Waktu untuk kategori 21K itu maksimal 4 jam. Kategori 10K itu 2,5 jam dan kategori 5K selama 1,5 jam. Untuk biaya resgistrasi bagi kategori 5K sebesar Rp165 ribu. Kategori 10K sebesar Rp215 ribu dan 21K sebesar Rp365 ribu," tandasnya.

(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru