Kolaborasi Dukung Peningkatan Produksi Jagung Nasional lewat Benih Bioteknologi

Tim Sindomakassar
Jum'at, 15 Des 2023 11:20
Kolaborasi Dukung Peningkatan Produksi Jagung Nasional lewat Benih Bioteknologi
Kadin bersama Seger Agro Nusantara ikut serta dalam acara panen jagung bioteknologi DK95R yang diadakan oleh PT BAYER Indonesia di Desa Bontonompo Selatan, Gowa. Foto/Istimewa
Comment
Share
GOWA - Salah satu solusi inovatif dalam meningkatkan produktivitas tanaman jagung, mengurangi ketergantungan pada impor, serta memberikan stabilitas pasokan jagung dalam negeri adalah dengan memanfaatkan benih bioteknologi.

Benih bioteknologi telah menjadi topik yang penting dalam konteks keamanan pangan global. Melalui benih bioteknologi, sifat dan karakteristik tanaman dapat dirubah atau dimodifikasi secara genetik untuk mencapai berbagai tujuan yang lebih baik, seperti: tahan terhadap hama dan penyakit dan juga toleran terhadap kondisi lingkungan yang ekstrem.

Selain itu, penggunaan benih bioteknologi juga dapat membantu petani meningkatkan pendapatan mereka dengan menghasilkan hasil panen yang lebih melimpah dan berkualitas.

Benih bioteknologi sangat dibutuhkan bukan hanya oleh Indonesia, melainkan juga dunia. Terlebih, saat ini masuk pada krisis pangan global. Proses pelepasan benih bioteknologi sudah melalui berbagai prosedur, termasuk saat mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait keamanan lingkungan, rekomendasi dari Kementerian Pertanian terkait keamanan pakan serta BPOM terkait keamanan pangan.

Setelah itu, pemantauan rutin dilakukan pada tahun ke-3 sejak benih bioteknologi beredar dengan tujuan untuk mendeteksi kemungkinan adanya pengaruh merugikan dari penanaman varietas benih bioteknologi tersebut, dengan waktu pemantauan rutin selama 3 tahun berturut-turut.

Benih bioteknologi DK95R ini juga merupakan salah satu benih yg telah resmi dilepas oleh Kementerian Pertanian dan telah melalui proses tahapan prosedur yg dijelaskan di atas, secara baik dan benar.

Terkait beberapa hal tersebut di atas, KADIN Bidang Pertanian, melalui Komptap Ketahanan Pangan dan Seger Agro Nusantara (SAN) ikut serta dalam acara panen jagung bioteknologi DK95R yang diadakan oleh PT BAYER Indonesia di Desa Bontonompo Selatan, Gowa, Sulawesi Selatan pada 14 Desember 2023.

Acara kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari FGD Nasional yang diadakan oleh KADIN dengan tema “Bioteknologi Tanaman Pangan: Kemajuan, Tantangan, dan Implikasi Untuk Peningkatan Produksi Jagung Nasional” yang diadakan pada tanggal 21 Juli 2023 yang lalu serta acara peluncuran benih jagung bioteknolog DK95R di Kabupaten Dompu, NTB pada tanggal 26 Juli 2023.

Hadir dalam acara panen jagung bioteknologi tersebut antara lain: Anggota Komisi Keamanan Hayati Produk Rekayasa Genetik (Roy Sparringa), Kepala Bidang Tanaman Pangan, Hortikultura & Perkebunan Provinsi Sulawesi Selatan (Muh. Syaripuddin), Kepala Dinas Tanaman Pangan & Hortikultura Kabupaten Gowa (Fajaruddin), Wadek III Bidang Inovasi dan Kerjasama Faperta Universitas Hasanudin (Mahyuddin), Perwakilan dari Badan Standarisasi & Instrumen Pertanian, Kementerian Pertanian, Ketua Petani Milenial (Sandi Oktavia Susilo), Head of Communications, Public Affairs, Science & Sustainability Bayer Indonesia (Laksmi Prasvita), Wakomtap Ketahanan Pangan Urusan Jagung KADIN (Aditia Rusmawan), dan juga Kepala Cabang SAN Makassar (Fritz Calvin Tandiharjo).

Pada acara panen jagung bioteknologi tersebut, Wakomtap Ketahanan Pangan Urusan Jagung KADIN (Aditia Rusmawan) menyampaikan bahwa dengan menerapkan Inclusive Closed Loop pada rantai pasokan jagung, dapat menciptakan suatu sistem yang saling menguntungkan dan berkelanjutan.

Sebagai contoh, penerapan Good Agriculture Practice melalui demoplot tanaman jagung yang menghasilkan produktivitas yang tinggi dapat dijadikan sarana edukasi bagi petani. hal ini tentunya akan sangat mempengaruhi secara positif pertanian jagung di Indonesia.

Oleh karena itu, diperlukan dukungan dari para stakeholder pertanian jagung seperti perusahaan input (Benih, pupuk, pestisida), trader jagung, feedmill, Pemda, Pemerintah pusat, akademisi dan lain-lain.

Sejak Desember 2022, SAN dan Bayer Indonesia sudah membangun sistem Inclusive Closed Loop, dimana SAN berperan besar dalam memberikan jaminan pembelian dan mendekatkan pasar ke petani. Sementara itu PT BAYER Indonesia melalui Better Life Farming, selain menyediakan benih yang berkualitas, juga membina petani untuk meningkatkan kapasitas, pengetahuan dan teknologi pertanian, sehingga hasil panen dan pendapatan para petani dapat ditingkatkan.

Sebagai penutup, dengan diadakannya acara panen Jagung Bioteknologi ini dan dengan Kerjasama seluruh Stakeholder pertanian jagung, diharapkan dapat memajukan dan membantu mempercepat pencapaian Program Ketahanan Pangan Indonesia.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru