Wali Kota Palopo Pastikan Layanan Kesehatan Berjalan Baik Pasca Pemilu

Chaeruddin
Jum'at, 16 Feb 2024 16:03
Wali Kota Palopo Pastikan Layanan Kesehatan Berjalan Baik Pasca Pemilu
Pj Wali Kota Palopo Asrul Sani memastikan layanan kesehatan di Kota Palopo berjalan baik dan normal pasca pelaksanaan Pemilihan Umum. Foto: SINDO Makassar/Chaeruddin
Comment
Share
PALOPO - Penjabat Wali Kota Palopo, Asrul Sani, memastikan layanan kesehatan di Kota Palopo, berjalan baik dan normal pasca pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Asrul Sani, sejak malam pemilihan hingga sehari pasca pemilihan melakukan kunjungan lapangan. Selain memantau situasi perhitungan suara, Asrul Sani, juga memantau sejumlah layanan umum termasuk layanan kesehatan di beberapa Puskesmas dan rumah sakit.

"Kunjungan ini untuk memastikan kesiapsiagaan tim medis termasuk puskesmas dan rumah sakit, dalam mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan khususnya bagi seluruh penyelenggara pemilu, dan masyarakat pada umumnya," katanya.

"Ketika terjadi suatu kejadian yang sifatnya emergency, tim medis atau posko kesehatan, termasuk puskesmas dan rumah sakit harus siap siaga memberikan pertolongan," lanjut Asrul Sani.



Bagi penyelenggara pemilu dan masyarakat umum, kata Asrul, harus diberikan pelayanan kesehatan yang optimal. "Sehingga penyelenggara pemilu dan masyarakat ketika sakit dapat diberi pelayanan kesehatan yang maksimal," ujar Asrul.

Sejumlah posko kesehatan yang dikunjungi, di antaranya, posko kesehatan di Kecamatan Telluwanua, Kecamatan Wara Utara, Kecamatan Bara, Kecamatan Wara Timur dan Kecamatan Mungkajang.

Asrul menambahkan, beberapa tenaga kesehatan bahkan ada yang mobile sampai ke beberapa TPS, untuk bisa membackup serta mendukung dan mensukseskan penyelenggaraan pemilu.

Selain posko kesehatan, Asrul Sani bersama tim kesehatan dari Provinsi Sulawesi Selatan, juga melakukan kunjungan ke RSUD Sawerigading Kota Palopo.



Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Palopo, dr Risma, menjelaskan meski libur nasional dalam rangka Pemilu 2024, pihaknya tetap melaksanakan tugas pelayanan kesehatan.

"Tetap ada layanan kesehatan di hari libur Pak Wali, begitu juga libur hari-hari besar lainnya. Ada perawat dan dokter yang standby, kami atur agar semua bisa berjalan dan mereka tetap bisa ikut mencoblos," terang dr Risma.

Untuk diketahui, Kota Palopo menyiapkan 20 posko kesehatan, 2 diantaranya posko induk yang ditempatkan di Kantor KPU serta Kantor Bawaslu Kota Palopo.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru